Jakarta (ANTARA) - Webometrics telah merilis daftar terbaru universitas terbaik dunia, termasuk Indonesia, melalui daftar ranking edisi Januari 2024 yang menggambarkan sebagai institusi pendidikan unggul dalam beberapa hal.

Tak hanya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang masuk ke dalam daftar ranking universitas terbaik Indonesia ini, ada juga kampus swasta yang masuk dalam 15 terbaik.

Berikut ini adalah daftar 15 universitas terbaik di Indonesia versi Webometrics edisi Januari 2024, dikutip dari laman Webometrics:

Baca juga: USU kampus riset terbaik 4 di Indonesia versi Scimago 2024

1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia (UI) merupakan universitas tertua di Indonesia yang memiliki sejarah panjang sejak tahun 1849. Saat ini UI terdiri dari 14 Fakultas, 1 Program Vokasi, dan 2 Sekolah (SKSG dan SIL).

Kampus utama UI terletak di Depok, Jawa Barat, serta memiliki kampus lain di Salemba, Jakarta​. UI adalah salah satu universitas riset atau institusi akademik terkemuka di dunia yang terus mengejar pencapaian tertinggi dalam hal penemuan, pengembangan dan difusi pengetahuan secara regional dan global.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) yang teletak di Yogyakarta adalah salah satu universitas negeri terbesar di Indonesia. Universitas ini didirikan pada tahun 1949, saat ini UGM menaungi lebih dari 270 program studi dari 18 fakultas dan 2 sekolah yang dimilikinya.

Baca juga: Rektor: Kualitas riset USK terbaik lima nasional

3. Institut Teknologi bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan sekolah tinggi teknik pertama di Indonesia yang didirikan pada tanggal 2 Maret 1959 di Jawa Barat yang menjalankan misi pengabdian ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan Indonesia. Saat ini Institut Teknologi Bandung (ITB) memiliki 12 Fakultas dan 130 program studi.

4. Universitas Brawijaya (UB)

Universitas Brawijaya (UB) yang berlokasi di Malang, Jawa Timur, didirikan pada tahun 1963. UB telah memiliki Akreditasi Nasional Grade A yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, dan LAMPTKES. Universitas ini juga terkenal dengan fasilitas pendidikan dan penelitian yang memadai, serta kerjasama internasional yang luas​.

5. Universitas Airlangga (Unair)

Kampus yang berada di kota pahlawan, Surabaya, ini didirikan pada tepat pada tanggal 10 November 1954 bertepatan dengan perayaan hari pahlawan yang ke-9. Unair memiliki keunggulan di bidang kesehatan dan ilmu sosial, serta dikenal dengan kontribusi nya dalam penelitian kesehatan dan pengabdian masyarakat.

Baca juga: UI terbaik di Indonesia versi QS WUR by Subjects 2024

6. IPB University/Institut Pertanian bogor
​​​​​​​
IPB University (Institut Pertanian Bogor) adalah universitas negeri yang berfokus pada bidang Pertanian, Kelautan dan Biosains untuk Dunia yang Berkelanjutan. Didirikan pada tahun 1963, IPB University terletak di Bogor, Jawa Barat.

7. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Universitas Sebelas Maret (UNS) di Surakarta, Jawa Tengah, didirikan pada tahun 1976. UNS memiliki 14 Fakultas, 1 Sekolah Vokasi dan 1 Pascasarjana. UNS juga aktif dalam penelitian dan pengabdian masyarakat untuk mendukung pembangunan nasional​.

8. Universitas Diponegoro (Undip)

Universitas yang berlokasi di Kota Semarang, Jawa Tengah ini didirikan pada tahun 1957. Universitas ini memiliki tujuan penting yaitu menghasilkan lulusan yang memiliki profil COMPLETE (Comunicator, Professional, Leader, Thinker, Enterpreneur, Educator), keunggulan nasional dan internasional serta dapat berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan olahraga.

Baca juga: UI kerja sama keamanan siber dengan universitas terbaik Jepang

9. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melekat dengan sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Pendirian ITS dipelopori oleh para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia sejak tahun 1957, melibatkan dr. Angka Nitisastro, Soedjasmono, Kyai Haji Yahya Hasyim, dan didukung oleh Roeslan Abdulgani.

ITS memiliki motto advancing humanity (memajukan kemanusiaan) yang memiliki makna menumbuhkan semangat baru dalam menciptakan inovasi melalui teknologi dan pengetahuan bagi masyarakat.

10. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Universitas Pendidikan Indonesia adalah universitas universitas dengan jati diri Pendidikan (The Education University). Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) didirikan di Bandung, Jawa Barat pada tahun 1954. UPI adalah salah satu universitas yang berfokus pada pendidikan guru dan pengembangan ilmu pendidikan.

11. Universitas Hasanuddin (Unhas)

Unhas unggul dalam penelitian di bidang maritim dengan hasil yang berkelanjutan. Melalui proyek-proyek interdisipliner, Unhas menggabungkan keahlian di bidang ilmu kelautan, biologi, teknik kelautan, dan ekonomi maritim untuk menciptakan solusi inovatif bagi pengelolaan sumber daya laut. Universitas ini secara resmi didirikan pada tahun 1956 di kota Makassar.

Baca juga: UPNVJ tempati peringkat 108 kampus terbaik nasional versi Webometric

12. Telkom University

Telkom University merupakan Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia yang telah terakreditasi Unggul dari BAN-PT dan Terakreditasi Internasional. Saat ini, Tel-U memiliki 7 Fakultas dengan 50 program studi yang terdiri dari 8 Program Vokasi, 1 Program Sarjana Terapan, 30 Program Sarjana, 10 Program Pasca Sarjana dan 1 Program Doktoral.

13. Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) adalah perguruan tinggi negeri tertua di Aceh. Universitas ini didirikan pada tahun 1961. Saat ini Unsyiah memiliki lebih dari 30.000 orang mahasiswa yang menuntut ilmu di 12 Fakultas dan Program Paska Sarjana.

14. Universitas Sumatera Utara (USU)

Universitas Sumatera Utara (USU) adalah salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia yang berlokasi di Medan, Sumatera Utara. Awalnya berdiri pada tahun 1952 dengan nama Yayasan Universitet Sumatera Utara, USU telah berkembang menjadi universitas unggulan yang menawarkan berbagai program studi yang berkualitas.

15. Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Universitas Bina Nusantara (Binus) di Jakarta, didirikan pada tahun 1996, adalah salah satu universitas swasta terkemuka di Indonesia. Dengan nilai-nilai Striving for Excellence, Perseverance, Integrity, Respect, Innovation, and Teamwork (SPIRIT) Binus unggul dengan program studi di bidang teknologi informasi, bisnis, dan desain, serta memiliki kerjasama internasional yang luas untuk mendukung pendidikan global​.

Baca juga: UTS sukses pertahankan peringkatnya dalam daftar 100 universitas terbaik dunia

Baca juga: Unair tempati posisi 308 perguruan tinggi terbaik di dunia

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2024