Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa yang berkaitan dengan politik terjadi di sepanjang Jumat (19/7), dari mulai isu soal program makan bergizi dengan anggaran Rp7.500 per porsi hingga pengganti Gibran Rakabuming di Surakarta.

Berikut rangkaian berita yang telah disiapkan tim ANTARA.

1. Tim Sinkronisasi: Isu makan bergizi gratis Rp7.500 jauh dari kebenaran

Jakarta (ANTARA) -
Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran menyatakan bahwa isu anggaran makan bergizi gratis yang dipangkas menjadi Rp7.500 per porsi adalah isu yang jauh dari kebenaran karena belum ada keputusan.

Anggota Bidang Komunikasi Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran, Hasan Nasbi, mengatakan bahwa sejauh ini program tersebut masih diriset dan diujicobakan di beberapa daerah. Kesimpulan yang sudah ada soal program tersebut hanya soal alokasi anggaran sebesar Rp71 triliun.

Baca di sini

2. Presiden: begitu lampu hijau siap, saya akan berkantor di IKN

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa dirinya siap berkantor di Ibu kota Nusantara, Kalimantan Timur, secepatnya jika sudah ada sinyal lampu hijau atau tanda kesiapan.

Hal itu ia sampaikan saat memberikan keterangan pers usai menyaksikan laga pembuka Piala Presiden di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat sore.

Baca di sini

3. Demokrat usung bacagub di empat provinsi

Jakarta (ANTARA) - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat mengusung pasangan bakal calon gubernur (bacagub)-bakal calon wakil gubernur (bacawagub) di empat provinsi, termasuk adiknya Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Andi Sudirman Sulaiman sebagai bakal cagub di Sulawesi Selatan.

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Jumat malam, menyerahkan secara langsung surat rekomendasi partai secara bergantian kepada empat pasangan bakal cagub dan bakal cawagub untuk Provinsi Papua Pegunungan, Provinsi Kalimantan Selatan, Provinsi Banten, dan Provinsi Sulawesi Selatan.

Baca di sini

4. MPR minta dua wamen dari Gerindra dilantik betul-betul untuk transisi

Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid alias HNW meminta agar dua wakil menteri (wamen) dari kader Partai Gerindra yang baru dilantik agar betul-betul bekerja demi kepentingan transisi peralihan kepemimpinan dalam pemerintahan.

Dikatakan pula bahwa transisi kepemimpinan pada tanggal 20 Oktober 2024 perlu dikelola dan dipersiapkan. Pasalnya, setelah mulai bekerja, Prabowo Subianto sebagai Presiden RI tidak bisa lagi bersikap santai dan harus menuntaskan janji-janji kampanye.

Baca di sini

5. Teguh Prakosa resmi gantikan Gibran sebagai Wali Kota Surakarta

Semarang (ANTARA) - Teguh Prakosa resmi menggantikan Gibran Rakabuming Raka sebagai Wali Kota Surakarta pada pelantikan yang berlangsung di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kompleks Gubernuran Jawa Tengah, Semarang, Jumat malam.

Pelantikan Teguh sebagai Wali Kota Surakarta oleh Penjabat Gubernur Jateng Nana Sudjana yang juga dihadiri Gibran.

Sebelumnya, Teguh menjabat sebagai Wakil Wali Kota Surakarta mendampingi Gibran yang kini Calon Wakil Presiden RI terpilih.

Baca di sini
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024