Jakarta (ANTARA) - Pembalap Red Bull Max Verstappen dan pembalap Ferrari Carlos Sainz menunjukkan konsistensi kecepatan mereka pada dua sesi latihan bebas (FP) menjelang Grand Prix Hungaria di Sirkuit Hungaroring, Budapest, Jumat.

Pada sesi latihan bebas pertama, Sainz mampu tampil sebagai yang tercepat dengan catatan waktu terbaik 1 menit 18,713 detik. Sementara, Verstappen berada tepat di belakangnya dengan margin 0,276 detik.

Sang juara dunia tiga kali itu mampu tampil dominan pada awal sesi, tetapi harus kehilangan posisi setelah para pembalap lainnya, termasuk Sainz, dapat mengimbangi dan melampauinya.

Verstappen sebelumnya mengaku percaya diri dapat tampil baik dan mengklaim hattrick kemenangan Grand Prix Hungaria menyusul pembaruan teknis yang disematkan pada mobilnya.

Berada di posisi tiga, rekan satu tim Sainz, Charles Leclerc, hanya terlampau 0,022 detik saja dari Verstappen.

Baca juga: Verstappen yakin peningkatan teknis mampu buat Red Bull bangkit lagi

Sementara, pemenang Grand Prix Austria George Russell (Mercedes) dan pembalap Kick Sauber Zhou Guanyu masing-masing memiliki selisih waktu 0,424 detik dan 0,467 detik dari Sainz.

Beralih ke sesi latihan bebas kedua, pembalap McLaren Lando Norris kembali menunjukkan kemampuannya dan merebut posisi pertama dengan catatan waktu terbaik 1 menit 17,788 detik. Verstappen lagi-lagi harus puas di posisi kedua dengan selisih waktu 0,243 detik.

Setelah sebelumnya mengklaim posisi pertama pada sesi FP1, Sainz menyelesaikan sesi FP2 di posisi ketiga dengan margin 0,397 detik dari Norris.

Sementara, rekan setim Verstappen, Sergio Perez, berada di posisi keempat dan Russell kembali masuk ke lima besar. Kedua pembalap masing-masing terpaut 0,467 detik dan 0,506 detik dari sang pemimpin balapan.

Di sisi lain, rangkaian GP Hungaria masih akan berlanjut pada Sabtu (20/7), dengan sesi latihan bebas ketiga akan bergulir pada pukul 17.30 WIB, dilanjutkan dengan sesi kualifikasi pada pukul 21.00 WIB.

Selanjutnya, balapan utama digelar pada Minggu (21/7) pukul 20.00 WIB.

Baca juga: Norris banyak belajar dari beberapa seri terakhir jelang GP Hungaria

Baca juga: Mercedes ingin jadikan musim ini "tak terlupakan" untuk Hamilton

Baca juga: Jadwal lengkap F1 GP Hungaria 2024: Peluang Verstappen kembali menang


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024