“Ini saya lihat banyak pendukungnya datang dari jauh untuk menyaksikan pasangan, dua tokoh Papua Pegunungan ini bersatu, John Tabo dan Ones disingkat Jones,”
Jakarta (ANTARA) - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat mengusung pasangan bakal calon gubernur (bacagub)-bakal calon wakil gubernur (bacawagub) di empat provinsi, termasuk adiknya Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Andi Sudirman Sulaiman sebagai bakal cagub di Sulawesi Selatan.

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Jumat malam, menyerahkan secara langsung surat rekomendasi partai secara bergantian kepada empat pasangan bakal cagub dan bakal cawagub untuk Provinsi Papua Pegunungan, Provinsi Kalimantan Selatan, Provinsi Banten, dan Provinsi Sulawesi Selatan.

Untuk Pilkada 2024 di Sulawesi Selatan, AHY mengumumkan Demokrat mendukung pasangan Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi sebagai bakal cagub dan bakal cawagub.

“Kami meyakini ini akan menjadi pasangan yang ideal, dan mudah-mudahan kita bisa menang dalam perjuangan ini, dan saya berharap Partai Demokrat dapat berperan dengan baik, baik dalam perjuangannya maupun nanti Insyaallah jika menang dan terpilih Demokrat juga bisa berkontribusi nyata dalam pemerintahan provinsi, pemerintahan kabupaten/kota, dan juga di DPRD,” kata AHY saat menyerahkan surat rekomendasi ke pasangan Andi dan Fatmawati Rusdi.

Andi merupakan petahana (incumbent) Gubernur Sulawesi Selatan yang menjabat untuk periode 2022–2023, sementara Fatmawati Rusdi merupakan anggota DPR RI terpilih di Pemilu 2024 dan sebelumnya menjabat sebagai wakil wali kota Makassar periode 2021–2024.

Di lokasi yang sama, AHY juga menyerahkan surat rekomendasi kepada John Tabo dan Ones Pahabol untuk maju sebagai bakal cagub dan bakal cawagub di Provinsi Papua Pegunungan. Keduanya, yang saat ini juga didukung Partai Golkar, merupakan mantan bupati yang pernah menjabat dalam 10 tahun terakhir.

“Ini saya lihat banyak pendukungnya datang dari jauh untuk menyaksikan pasangan, dua tokoh Papua Pegunungan ini bersatu, John Tabo dan Ones disingkat Jones,” kata AHY.

John Tabo, AHY menyebut, pernah menjabat sebagai bupati di Tolikara dan Mamberamo Raya, sementara Ones Pahabol yang merupakan Ketua DPD Partai Demokrat di Provinsi Papua Pegunungan pernah menjabat sebagai bupati dua periode di Kabupaten Yahukimo.

“Hari ini, tanggal 19 Juli 2024 kami resmi mendapatkan kehormatan yang luar biasa dari Partai Demokrat. Terima kasih banyak Partai Demokrat, terima kasih banyak amanat ini. Kami terima kepercayaan ini dan kami akan bawa ke masyarakat kami di Papua Pegunungan untuk kita laksanakan perjuangan bersama,” kata John Tabo.

Kemudian untuk Kalimantan Selatan, AHY lanjut menyerahkan surat rekomendasi partai kepada pasangan Muhidin dan Hasnuryadi Sulaiman sebagai bakal cagub dan bakal cawagub.

AHY menyebut keduanya punya rekam jejak baik di pemerintahan dan politik. “Bagi masyarakat Kalimantan Selatan, Bapak Muhidin tidak asing, karena beliau berangkat dari bawah, dari anggota DPRD, kemudian wali kota Banjarmasin, dan gubernur Kalimantan Selatan 5 tahun terakhir,” kata AHY.

Sementara itu, Hasnuryadi, AHY melanjutkan merupakan anggota DPR RI selama 10 tahun terakhir.

“Tentunya memiliki pemahaman luas, jejaring, dan bisa memberi support kepada Pak Muhidin dalam membangun Kalimantan Selatan,” kata AHY.

Terakhir, Demokrat juga memberikan dukungan kepada kader Partai Gerindra dan PKS, Andra Soni dan Raden Achmad Dimyati Natakusumah sebagai pasangan bakal cagub dan bakal cawagub Provinsi Banten.

“Pak Andra Soni, Ketua DPRD Provinsi Banten memiliki pemahaman utuh terhadap isu-isu yang perlu diperhatikan misalnya dalam sektor ekonomi, sosial, dan budaya, sedangkan Pak Dimyati memiliki rekam jejak sebagai Bupati Pandeglang, sebagai anggota DPR RI yang punya akses dan jejaring tingkat nasional yang bisa dikontribusikan untuk Banten,” kata AHY.

Dengan demikian, untuk Pilkada 2024 di Banten pasangan Andra Soni-Achmad Dimyati pun didukung delapan partai politik, yaitu Partai Gerindra, Partai Demokrat, PKS, NasDem, PKB, PPP, PSI, dan PAN. Pasangan itu pun bakal berhadapan dengan kandidat kuat Airin Rachmi Diany yang diusung Partai Golkar.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan pemilihan kepala daerah berlangsung serentak di 37 provinsi dan 508 kabupaten/kota. Pemungutan suara untuk Pilkada 2024 itu dijadwalkan berlangsung pada tanggal 27 November 2024.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024