Dari jumlah UMKM tersebut, 65 merupakan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang sudah berhasil ekspor (termasuk di dalamnya PT. Azaki Food Internasional),
Kota Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat, menyambut kedatangan delegasi perdagangan yang berasal dari negara bagian Amerika Serikat, Nebraska, atas kunjungannya ke kota tersebut dengan misi perdagangan.

 

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perdagangan & Perindustrian (DinKUKMDagin) Kota Bogor, Firdaus mengatakan PT Azaki Food Internasional di Kelurahan Curug menjadi tempat yang dikunjungi para delegasi pada Jumat.

Firdaus menyebut, jumlah pelaku UMKM di Kota Bogor saat ini lebih 48.000 pelaku usaha dengan total nilai ekspor Kota Bogor dari UMKM pada 2023 sebesar USD 8.530.259,50.

“Dari jumlah UMKM tersebut, 65 merupakan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang sudah berhasil ekspor (termasuk di dalamnya PT. Azaki Food Internasional),” ujarnya.

Firdaus menyampaikan, untuk meningkatkan perekonomian, Pemkot Bogor selalu membina para pelaku usaha yang ada, tanpa tebang pilih.

“Upaya Pemkot Bogor dalam memajukan para pelaku usaha diantaranya memotivasi dan memfasilitasi dengan harapan para pelaku usaha dapat mandiri, berkembang dan bersaing di pasar internasional,” kata Firdaus.

Adapun nilai ekspor tempe PT. Azaki Food Internasional dari tahun 2021 sampai dengan triwulan I Tahun 2024 tercatat sebesar USD 1.131.023,28, dengan negara tujuan ekspor kelima negara yaitu Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Hongkong, dan Amerika Serikat dengan Jepang sebagai pasar terbesar dengan nilai ekspor di atas USD 500.000.

“Hal ini cukup menggembirakan bagi Kota Bogor, dikarenakan salah satu produk tempe dengan berbagai inovasi (tepung tempe) sudah masuk ke pasar internasional,” ujarnya.

Wakil Gubernur Nebraska, USA, Joe Kelly, mengungkapkan kebahagiaannya bisa hadir di Kota Bogor.

Terlebih dia melihat semua staf di PT Azaki Food Internasional berusaha keras menghadirkan produk tempe terbaik, sejalan dengan tujuannya.

“Kami memiliki tujuan yang sama, yaitu menyediakan makanan sehat di pasar dunia, kami ingin memastikan bahwa makanan tersebut aman, pasokan terjamin, dan kami ingin menghasilkan produk terbaik,” ucap Joe.

Lebih lanjut, ia menilai, Nebraska dan Indonesia memiliki peluang besar untuk memperluas hubungan sebab, ia melihat standar tinggi yang dimiliki oleh PT Azaki Food Internasional.

“Ini membuat kombinasi antara Nebraska dan Indonesia menjadi semakin sempurna. Kami sangat menantikan kerja sama ini,” ujarnya.

Pewarta: Shabrina Zakaria
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024