YPA-MDR memperkenalkan budi daya melon hidroponik sebagai solusi modern untuk menghadapi tantangan dan peluang dunia pertanian...
Jakarta (ANTARA) - Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR) menghadirkan budi daya melon hidroponik lewat pembangunan green house (rumah tanam) di SMKN 1 Pandak, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
 
“YPA-MDR memperkenalkan budi daya melon hidroponik sebagai solusi modern untuk menghadapi tantangan dan peluang dunia pertanian di masa depan sehingga melatih siswa di sekolah binaan untuk menjadi generasi cerdas inovatif dan kreatif dalam menciptakan solusi yang berkelanjutan,” ungkap Ketua Pengurus YPA-MDR Gunawan Salim lewat keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.
 
YPA-MDR, lanjut dia, menginisiasi pembangunan rumah tanam melon hidroponik yang telah berhasil panen perdana hari ini. Hal ini merupakan rangkaian dalam Program flagship Satu Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Cerdas sebagai persiapan menghadapi tantangan dan peluang keberlanjutan di dunia pertanian.
 
Adapun SMKN 1 Pandak memiliki lebih banyak konsentrasi keahlian di bidang pertanian, sehingga berpotensi berperan dalam memenuhi kebutuhan pangan warga lokal melalui inovasi penanaman dengan teknologi hidroponik serta mengembangkan minat untuk mengarah ke solusi inovatif dalam pertanian, dan mendukung eduwisata.
 
YPA-MDR memberikan pelatihan budi daya melon dengan metode penanaman hidroponik kepada para guru binaan yang disebarluaskan kepada siswa melalui program teaching factory dan berdonasi dalam bentuk rumah tanam yang menghasilkan buah melon premium berjenis sweet hami.
 
Program budi daya melon ini ikut mendukung dalam SMKN 1 Pandak memperoleh SK Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Selain rumah tanam melon hidroponik, SMKN 1 Pandak juga memiliki rumah tanam Anggrek yang menjadi produk unggulan sekolah. YPA-MDR pun turut berkontribusi dalam donasi renovasi Green House Anggrek, khususnya dalam perbaikan atap dan paranet untuk mengoptimalkan hasil produksi anggrek.

Program budi daya melon hidroponik dan anggrek di sekolah ini merupakan bentuk kontribusi YPA-MDR dalam meningkatkan sumber daya manusia dari aspek akademik sekaligus kecakapan hidup agar membentuk generasi cerdas dalam dunia pertanian sesuai dengan standar industri.

Baca juga: Astra Financial beri layanan pembiayaan terintegrasi di GIIAS 2024
Baca juga: Maucash target pembiayaan di ekosistem ASTRA capai 35 persen 2024
 

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024