Jakarta (ANTARA) - Timnas Basket U-18 Indonesia memetik kemenangan perdana di FIBA U18 Asia Cup SEABA Qualifiers 2024 dengan mengalahkan Thailand 70-56 di MABA Stadium, Kuala Lumpur Malaysia, Kamis.

Pelatih Timnas Basket U-18 Andrie Ekayana mengungkapkan kepuasannya atas performa para pemain. “Anak-anak bermain bagus, sesuai instruksi. Hanya saja memang masih harus ada yang dibenahi, terutama masalah konsistensi,” jelas Coach Yayan, sapaan akrab Andrie Ekayana dalam keterangan tertulis.

Kemenangan Indonesia sudah tampak sejak awal laga. Timnas Basket U-18 langsung tampil agresif dan membuka keunggulan 5-0 lewat tembakan dua angka Kennie Elbert Kristanto, diikuti dua free throw dari I Nyoman Aldo Dharma Yudha, serta satu lpagi dari Halmaheranno Aprianto.

Permainan dominan ini membuat Indonesia menutup kuarter pertama dengan keunggulan 23-9.

Keunggulan Timnas Basket U-18 terus berlanjut di kuarter kedua. Agresivitas dan akurasi tembakan yang terjaga membawa Indonesia unggul 45-27 saat memasuki waktu istirahat. Selepas jeda, para pemain kembali tampil spartan, menambah 15 poin di kuarter ketiga dan menutupnya dengan skor 60-37.

Meski Thailand berusaha mengejar ketertinggalan di kuarter keempat dengan menambah 19 poin, Indonesia tetap memimpin dengan skor akhir 70-56.

Thailand membuka keran poin melalui dua angka dari driving layup dan free throw Teechakorn Prakaylerdluk, namun segera direspons oleh I Nyoman Aldo Dharma Yudha dengan tembakan dua angka.

Yayan mengingatkan para pemain untuk menjaga konsistensi dalam dua pertandingan sisa yang tidak kalah berat. Indonesia akan melawan Malaysia pada Sabtu (20/7), yang baru saja mengalami kekalahan dari Filipina. Situasi ini diprediksi akan membuat Malaysia meningkatkan perlawanan mereka sebagai tuan rumah.

"Menghadapi Malaysia, para pemain harus lebih konsisten dalam mempertahankan ritme pertandingan. Anak-anak juga tidak boleh kehilangan fokus,” ujar Yayan.

Selanjutnya, pada 21 Juli 2024, Indonesia akan berhadapan dengan Filipina, tim favorit dalam ajang ini.


Baca juga: Menpora optimistis Indonesia juara SEABA U-18 di Malaysia

Baca juga: Usai SEABA U-18, Timnas Putri langsung dipersiapkan untuk FIBA U-18

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024