Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura mengharapkan masyarakat daerah setempat mendukung suksesnya penyelenggaraan hari anak nasional (HAN) ke-40 2024 dengan tetap menjaga kebersihan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri di Sentani, Jumat mengatakan puncak HAN ke-40 2024 akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo bersama pejabat negara.

“Kami sebagai pemerintah daerah yang bertanggung jawab soal lingkungan mengharapkan partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan mulai saat ini,” katanya.

Menurut Rahman, pihaknya sudah menerjunkan ratusan tenaga untuk membersihkan jalan masuk Bandara Sentani hingga ke lokasi kegiatan sejak 15 Juli 2024.

“Tenaga kebersihan yang dilibatkan kurang lebih 250, maka dari itu kami meminta dukungan dari masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan,” ujarnya.

Dia menjelaskan upaya keras telah dilalukan tetapi masih saja terdapat sampah botol maupun plastik di sepanjang jalan protokol setiap harinya.

“Inikan menandakan bahwa kesadaran masyarakat masih kurang, maka untuk momen HAN ke-40 kami meminta keterlibatan dan dukungan sehingga lingkungan tetap terjaga dengan baik,” katanya.

Dia menambahkan suksesnya kegiatan ini bukan hanya dari panitia tetapi seluruh lapisan masyatakat diminta untuk terlibat aktif.

Persiapan telah dilakukan oleh panitia baik pusat maupun daerah guna penyelenggaraan HAN ke-40 pada 23 Juli 2024 berjalan baik.

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024