Jakarta (ANTARA) - Universitas Brawijaya (UB) memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa untuk bergabung dengan menyelenggarakan seleksi pascasarjana (Magister dan Doktor) gelombang 2 2024.

Proses seleksi penerimaan mahasiswa baru program pascasarjana di UB saat ini sedang berlangsung antara 15 Juli hingga 26 Juli 2024.

Universitas Brawijaya (UB) menawarkan program pascasarjana (S2 dan S3) yang mencakup berbagai fakultas. UB memiliki sejumlah program studi pascasarjana di berbagai bidang ilmu, baik eksakta maupun non-eksakta, seperti Ilmu Hukum, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Administrasi​.

Baca juga: 39 mahasiswa berprestasi dan kurang mampu dapat beasiswa dana abadi UB

Seleksi penerimaan pascasarjana UB terdiri dari beberapa tahapan yang melibatkan proses pendaftaran, seleksi administrasi, tes kemampuan akademik, dan wawancara.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui situs resmi UB, di mana calon mahasiswa dapat mengisi formulir pendaftaran dan mengunggah dokumen yang diperlukan.

Seleksi administrasi merupakan tahap pertama yang akan menyeleksi berkas-berkas pendaftaran yang masuk. Calon mahasiswa yang lulus seleksi administrasi akan melanjutkan ke tahap tes kemampuan akademik yang terdiri dari ujian tertulis sesuai dengan program studi yang dipilih.

Berikut adalah jadwal lengkap seleksi mandiri pascasarjana gelombang II UB 2024/2025 mengutip laman resmi Universitas Brawijaya:

Jadwal gelombang II
  • Pendaftaran Gelombang II: 3 Juni s/d 12 Juli 2024
  • Seleksi wawancara/proses seleksi lainnya untuk Gelombang II: 15 s/d 26 Juli 2024
  • Pengumuman Gelombang II: 5 Agustus 2024
Hasil seleksi mandiri penerimaan mahasiswa baru pascasarjana akan di umumkan melalui situs selma.ub.ac.id

Bagi peserta yang dinyatakan lolos seleksi sebagai calon mahasiswa di Universitas Brawijaya wajib melakukan kegiatan sebagai berikut:
  1. Melakukan pembayaran biaya Pendidikan untuk calon mahasiswa baru Seleksi Mandiri Pascasarjana Universitas Brawijaya.
  2. WAJIB melakukan registrasi secara online dengan login ke http://admisi.ub.ac.id untuk mendapatkan NOMOR INDUK MAHASISWA (NIM)
  3. Menyimpan form kartu tanda mahsiswa (KTM) yang telah dicetak pada untuk pengambilan KTM dan Jas Almamater dan lain-lain:
  4. Setiap calon mahasiswa yang tidak dapat memenuhi ketentuan pengumuman ini dinyatakan mengundurkan diri sebagai mahasiswa Universitas Brawijaya;
  5. Jika ada pengumuman atau perubahan jadwal akan diberitahukan kemudian melalui laman https://selma.ub.ac.id
Demikian jadwal lengkap seleksi mandiri mahasiswa baru pascasarjana Universitas Brawijaya (UB) serta informasi terkait hal-hal yang harus dilakukan setelah dinyatakan lolos seleksi.

Baca juga: Universitas Brawijaya kukuhkan dua profesor perikanan

Baca juga: Dosen UB kembangkan pita mulsa organik untuk bantu petani NTT

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2024