Ambon (ANTARA) - Aksi bersih pantai Kodam XV Pattimura di kawasan Tapal Kuda Kota Ambon dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-79 berhasil mengumpulkan dua ton sampah yang sebagian besar merupakan sampah plastik.

"Selain menyambut  hari kemerdekaan  Republik Indonesia, kegiatan ini sekaligus juga dalam rangka rutinitas Jumat bersih," kata Pangdam XV Pattimura Mayjen TNI Syafrial di Ambon, Jumat.

Ia menjelaskan pihaknya mengerahkan prajurit Kodam untuk mengangkut semua sampah yang ada di wilayah pantai tersebut khususnya sampah plastik yang berbahaya bagi lingkungan

"Karena sampah plastik ini kategorinya susah terurai apalagi Pantai Tapal Kuda di kawasan Baileo Emas Putih, merupakan salah satu tempat wisata di Kota Ambon," katanya.

Pangdam berharap, dengan adanya kegiatan ini, kebersihan dan keindahan serta keasrian pantai akan tetap terjaga, sehingga pengunjung merasa nyaman saat berwisata di Baileo Emas Putih.

"Kita rawat kebersihan, kerapihan dan kelestariannya, sehingga bisa digunakan dengan baik, bukan hanya oleh kita, tetapi juga masyarakat," ujar Pangdam.


Baca juga: The Mulung kumpulkan sampah 2,5 ton di Pantai Lateri Ambon
Baca juga: Peserta PIT ISOI gelar aksi bersih pantai di Ambon


Pangdam juga mengimbau masyarakat setempat untuk tak membuang sampah di area pantai supaya lokasi wisata itu dapat dinikmati oleh siapapun yang datang.

Pada kesempatan itu Kodam Pattimura juga melibatkan pihak PT Asabri (Persero) Ambon. Kepala kantor cabang PT. Asabri (Persero) Nolisia memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas langkah Pangdam dan jajaran, yang telah memberikan motivasi warga, untuk menjaga kebersihan lingkungan.

"Ini menjadi motivasi bagi warga sekitar agar warga juga meningkatkan kesadaran dalam menjaga  lingkungan," kata Nolisia

Apalagi dalam aksi bersih pantai tersebut Pangdam juga mengerahkan para penyelam dari Kodam Pattimura, semua pihak yang terlibat pun tampak antusias memungut sampah.

Baca juga: PGN gelar aksi bersih sampah di Pantai Teluk Labuan Banten
Baca juga: Aktivis lingkungan Polewali Mandar gelar aksi bersih pantai
Baca juga: Peringati Hari Laut Sedunia, polisi dan warga bersih-bersih pantai


Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024