Kami tidak bisa kerja sendiri dan harus bekerja sama agar sinergi membangun sistem kelistrikan di Tanah Papua ini bisa menjadi lebih baik
Jayapura (ANTARA) - PT PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIWP2B) bersama Pemerintah Kabupaten Boven Digoel menjalin kerja sama terkait pengoperasian dan pengelolaan sistem kelistrikan di Kampung Asiki.
 
Kerja sama tersebut ditandai dengan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dan berita acara Serah Terima Operasi (STO) yang dilakukan secara langsung oleh General Manager PLN UIW Papua dan Papua Barat, Budiono dan Bupati Boven Digoel, Hengki Yaluwo pada Selasa (16/7).
 
General Manager PLN UIW Papua dan Papua Barat Budiono di Jayapura, Jumat, mengatakan bahwa pihaknya terus upaya melistriki Papua namun dibutuhkan kerja sama dengan semua pihak.
 
"Kami tidak bisa kerja sendiri dan harus bekerja sama agar sinergi membangun sistem kelistrikan di Tanah Papua ini bisa menjadi lebih baik," katanya.
 
 
Menurut Budiono, dengan bersama seluruh stakeholder yang ada maka wujud nyata sinergi antara PLN dengan Pemerintah Kabupaten Boven Digoel untuk melistriki masyarakat di Asiki menjadi lebih baik.
 
"Sebelumnya, sistem kelistrikan di Kampung Asiki dimiliki dan dikelola oleh Pemda Boven Digoel dan melalui PKS dan STO ini, pengoperasian dan pengelolaan sistem kelistrikan di Kampung Asiki selanjutnya akan dilakukan oleh kami," ujarnya.
 
Dia mengharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan keandalan listrik bagi masyarakat.
 
"Saat ini sistem kelistrikan di Kampung Asiki terdiri dari satu unit pembangkit dengan daya mampu 500 kW, empat unit tangki penyimpanan BBM berkapasitas total 38.000 liter, empat unit gardu distribusi, Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 2,45 kms, dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 5,73 kms," katanya.
 
Sementara itu, Bupati Boven Digoel Hengki Yaluwo mengatakan, pihaknya berharap PLN dapat meningkatkan pelayanan dan memperluas jaringan listrik di wilayahnya.
 
“Kami berharap kerja sama ini dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kampung Asiki,” katanya.

Baca juga: Jokowi: Indonesia pasok listrik di perbatasan Papua Nugini
Baca juga: PLN: hingga Mei 2.834 desa di Papua berhasil dilistriki
Baca juga: PLN olah sisa PLTU 13 ribu ton di Papua untuk infrastruktur

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024