Ini semua hasil dari dedikasi kami untuk terus mendukung ketahanan sektor perbankan di Indonesia dan pertumbuhan finansial klien kami
Jakarta (ANTARA) - Citibank, N.A., Indonesia (Citi Indonesia) mendapatkan penghargaan dari Majalah Euromoney dalam ajang Euromoney Awards for Excellence 2024 dengan menyandang predikat sebagai “Indonesia’s Best International Bank”.

Penghargaan tersebut diberikan atas kinerja Citi Indonesia sepanjang tahun 2023 yang menunjukkan stabilitas dan ketahanan di tengah kondisi perekonomian global yang menantang, serta transformasinya menjadi bank yang berfokus penuh pada perbankan institusional menyusul penjualan bisnis consumer banking Citi di Indonesia.

“Penghargaan Euromoney ini adalah penghargaan internasional ketiga yang didapatkan perusahaan pada paruh pertama tahun ini. Ini semua hasil dari dedikasi kami untuk terus mendukung ketahanan sektor perbankan di Indonesia dan pertumbuhan finansial klien kami,” kata CEO Citi Indonesia Batara Sianturi dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Euromoney Awards for Excellence merupakan program penghargaan tahunan berskala global untuk industri perbankan. Selama lebih dari 30 tahun, Euromoney telah memberikan penghargaan kepada bank dan bankir yang memiliki kinerja baik, memelopori program penghargaan komprehensif yang kini menjadi tolok ukur bagi industri perbankan di seluruh dunia.

Penghargaan dari Euromoney ini melengkapi dua penghargaan internasional yang sebelumnya diterima Citi Indonesia pada awal semester tahun ini dari FinanceAsia dan The Asset.

Baca juga: Citi meyakini Indonesia Emas bisa dicapai lewat pendidikan berkualitas

Baca juga: Citi Indonesia bukukan laba bersih Rp665,9 miliar di kuartal I 2024


Awal tahun ini, FinanceAsia memberikan penghargaan kepada Citi Indonesia untuk kategori “Best Bank”, “Best Corporate Bank (Large Corp & MNCs)”, “Most Innovative Use of Technology (Banks)”, serta Highly Commended untuk “Best Commercial Bank (SMEs)” dan “Best Sustainable Bank” yang seluruhnya untuk kategori internasional.

Citi Indonesia juga dianugerahi sebagai “Best Bank for Sustainable Finance”, “Best Bond Adviser (International)”, “Best Green Bond - Geothermal Energy”, “Best Convertible Bond”, dan “Digital Bank of The Year” dari The Asset.

Sepanjang tahun 2023, Citi Indonesia terus menunjukkan kinerja keuangan yang kuat, berlanjut hingga triwulan I tahun ini. Akhir tahun 2023, Citi Indonesia membukukan laba bersih sebesar Rp2,5 triliun atau meningkat 82 persen dibandingkan tahun 2022.

Kemudian pada triwulan I tahun ini, laba bersih pun meningkat 17 persen atau sebesar Rp665,9 miliar.

Tahun 2023, Citi terlibat dalam beberapa transaksi penting di Indonesia, termasuk transaksi keuangan berkelanjutan yang signifikan.

Salah satunya, penawaran Sukuk Hijau senilai 600 juta dolar AS (bagian dari penawaran Sukuk senilai 2,35 miliar dolar AS) untuk pemerintah Indonesia, serta penyediaan fasilitas keuangan sosial sebesar Rp650 miliar untuk PT Permodalan Nasional Madani.

Citi Indonesia juga menjadi salah satu bank pertama yang ditunjuk oleh Bank Indonesia (BI) untuk memfasilitasi devisa hasil ekspor (DHE), serta memfasilitasi transaksi ekspor impor secara end-to-end dan proses cross-selling, terutama bagi nasabah multinasional Citi.

Citi mencatat aliran dana DHE meningkat sebesar 35 persen di triwulan I 2024. Untuk mendukung regulasi baru ini, Citi mengembangkan solusi yang lebih baik yang memudahkan klien dalam mengelola dana mereka dan mematuhi peraturan yang berlaku.

Baca juga: Citi Indonesia fasilitasi kredit sindikasi untuk Charoen Pokphand

Baca juga: Citi Indonesia raih lima penghargaan dari FinanceAsia Awards 2024


Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024