Istanbul (ANTARA) - Penyelidikan terhadap gangguan global pada perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows menyimpulkan bahwa gangguan tersebut terkait dengan perangkat lunak perusahaan keamanan siber yang berbasis di Amerika Serikat, CrowdStrike.

Gangguan itu bukan disebabkan serangan siber, demikian pengumuman Otoritas Teknologi Informasi dan Komunikasi Turki pada Jumat.

"CrowdStrike mengetahui laporan kerusakan pada Windows terkait dengan Sensor Falcon," kata CrowdStrike melalui lamannya. 

Lewat unggahan di X, Microsoft mengatakan layanannya masih terus mengalami perbaikan seraya melakukan tindakan mitigasi.

Microsoft juga menyatakan bahwa berbagai layanannya, yakni PowerBI, Microsoft Fabric, Microsoft Teams, dan pusat admin Microsoft 365, terimbas gangguan  teknologi informasi (TI).

“Kami memantau secara cermat data telemetri kami guna memastikan perkembangan yang meningkat ini berlanjut seraya tindakan mitigasi kami terus memperlihatkan kemajuan,” katanya.
 
Gangguan TI berskala besar sejauh ini telah berdampak di banyak sektor, mulai dari sektor penerbangan hingga kesehatan dan saluran TV.


Sumber: Anadolu

Baca juga: Gangguan TI global pengaruhi operasi dua bank besar Afsel

Baca juga: Microsoft: Layanan dipulihkan, langkah-langkah stabilisasi diambil


 

Temui Jokowi, CEO Microsoft bahas pembangunan pusat riset

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2024