Tangerang (ANTARA) - Federasi Serikat Pekerja Sinergi Badan Usaha Milik Negara (FSP Sinergi BUMN) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BP Jamsostek) jalani sinergi dalam perlindungan dan kesejahteraan pekerja.


Ketua Umum FSP Sinergi BUMN, Anton Witarman melalui keterangan tertulis diterima di Tangerang, Jumat mengatakan, berkomitmen untuk mengawal keselamatan kerja, ketenangan bekerja, dan kesejahteraan pekerja melalui perlindungan dari BP Jamsostek.

Hal itu dilakukan melalui pertemuan peningkatan kerja sama dalam pengawasan dan pemeriksaan data pekerja.

"Dalam pertemuan ini kita membahas isu jaminan sosial, termasuk kepesertaan anggota, kepatuhan, dan kendala teknis yang sering terjadi dalam penanganan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)," ucap Anton.

Ia mengatakan, melalui pembahasan Jamsostek mengenai Manfaat Layanan Tambahan (MLT), yang dirancang untuk memberikan kemudahan dan kepastian dalam memiliki rumah bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Adapun untuk program MLT ini mencakup, pengajuan Down Payment (DP): Peserta yang telah menjadi anggota selama satu tahun dapat mengajukan DP untuk pembelian rumah.

Skema Kredit: Tersedia skema kredit yang memudahkan peserta dalam proses pembelian rumah.

Skema Renovasi: Peserta dapat mengajukan kredit untuk renovasi rumah yang sudah dimiliki. Rekonstruksi Kredit: Skema untuk rekonstruksi rumah yang membutuhkan perbaikan besar.

"Program MLT memiliki arti penting yang sangat strategis bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan dan masyarakat luas, antara lain memberikan Kemudahan dan Kepastian dalam Memiliki Rumah, MLT dirancang untuk membantu peserta BPJS Ketenagakerjaan memiliki rumah dengan lebih mudah dan pasti, sehingga meningkatkan kesejahteraan mereka," terangnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengawasan dan Pemeriksaan BP Jamsostek, Ady Hendratta menggarisbawahi pentingnya bantuan Serikat Pekerja BUMN dalam pengawasan dan pemeriksaan data pekerja untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

"Diskusi dengan teman-teman dari FSP Sinergi BUMN Dengan topik administrasi pembayaran, perlakuan pekerja front office, dan masalah-masalah lain yang berhubungan dengan Jamsostek," ungkapnya.

Dalam mendukung pemerintah untuk mensukseskan program “Sejuta Rumah”: MLT merupakan kontribusi nyata BP Jamsostek dengan meningkatnya pembangunan rumah, akan tercipta banyak lapangan kerja baru, yang pada akhirnya mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Menjaga Pekerja/Buruh untuk Mendapatkan Perlindungan Jaminan Sosial secara Berkelanjutan: MLT memastikan bahwa peserta BPJS Ketenagakerjaan tetap mendapatkan perlindungan jaminan sosial yang berkelanjutan, sehingga mereka merasa aman dan terlindungi dalam jangka panjang.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024