Jakarta (ANTARA) -
Negara-negara ASEAN tidak sekadar terlibat di Olimpiade, melainkan turut menorehkan prestasi di ajang olahraga bergengsi yang diikuti lebih dari 200 negara di seluruh dunia.
 
Jelang Olimpiade 2024 di Paris yang diselenggarakan mulai 26 Juli hingga 11 Agustus 2024, negara-negara di Asia Tenggara sudah mulai mengirimkan atlet terbaiknya ke Prancis. 

Hingga saat ini, Thailand memegang posisi teratas dalam hal prestasi Olimpiade di kawasan ASEAN dengan jumlah medali terbanyak. Selama berpartisipasi dalam setiap edisi Olimpiade, Thailand telah meraih 10 medali emas, 8 medali perak, dan 17 medali perunggu, sehingga totalnya mencapai 35 medali.
 
Thailand juga memimpin dalam jumlah medali emas dibandingkan negara ASEAN lainnya termasuk Indonesia.

Indonesia menempati peringkat kedua dalam hal jumlah medali Olimpiade di kawasan ASEAN. Indonesia telah mengumpulkan total 8 medali emas, 14 medali perak, dan 15 medali perunggu, yang keseluruhannya mencapai 37 medali.
 
Meski secara total jumlah medali Indonesia melebihi Thailand dengan selisih dua medali, peringkat ditentukan berdasarkan jumlah medali emas terbanyak, bukan total keseluruhan medali.
 
Sejak Olimpiade Tokyo 2020 lalu, Indonesia telah berpartisipasi dalam 16 edisi Olimpiade. Seluruh medali emas yang diraih Indonesia berasal dari cabang olahraga (cabor) bulu tangkis.
 
Selain Thailand dan Indonesia, terdapat tiga negara ASEAN lainnya yang juga pernah meraih medali emas Olimpiade. Filipina, Vietnam, dan Singapura masing-masing telah membawa pulang satu medali emas.
 
Di sisi lain, Malaysia telah meraih beberapa medali namun belum memperoleh medali emas. Mereka berhasil membawa pulang 8 medali perak dan 5 medali perunggu dalam Olimpiade akhir lalu.
 
Kemudian ada negara Kamboja, Myanmar, Brunei, Timor Leste, dan Laos yang hingga saat ini menjadi negara ASEAN yang belum pernah sama sekali meraih medali Olimpiade.
 
Daftar medali Olimpiade negara-negara ASEAN
 
1. Thailand
- Medali Emas: 10
- Medali Perak: 8
- Medali Perunggu: 17
 
2. Indonesia
- Medali Emas: 8
- Medali Perak: 14
- Medali Perunggu: 15
 
3. Filipina
- Medali Emas: 1
- Medali Perak: 5
- Medali Perunggu: 8
 
4. Vietnam
- Medali Emas: 1
- Medali Perak: 3
- Medali Perunggu: 1
 
5. Singapura
- Medali Emas: 1
- Medali Perak: 2
- Medali Perunggu: 2
 
6. Malaysia
- Medali Emas: 0
- Medali Perak: 8
- Medali Perunggu: 5
 
7. Brunei
- Medali Emas: 0
- Medali Perak: 0
- Medali Perunggu: 0
 
8. Kamboja
- Medali Emas: 0
- Medali Perak: 0
- Medali Perunggu: 0
 
9. Laos
- Medali Emas: 0
- Medali Perak: 0
- Medali Perunggu: 0
 
10. Myanmar
- Medali Emas: 0
- Medali Perak: 0
- Medali Perunggu: 0
 
11. Timor Leste
- Medali Emas: 0
- Medali Perak: 0
- Medali Perunggu: 0
 
Prestasi-prestasi ini menggambarkan perkembangan olahraga yang pesat di kawasan ASEAN dan menunjukkan potensi besar para atlet dari negara-negara anggota.
 
Harapan tinggi tertuju pada perwakilan ASEAN untuk terus bersinar dan mengukir sejarah lebih lanjut di Olimpiade Paris 2024 mendatang.

Baca juga: Target Olimpiade Paris 2024, Joe Aditya: Ingin pecahkan rekor sendiri

Baca juga: Target Olimpiade Paris, Azzahra: Saya ingin perbaiki catatan waktu

Baca juga: Anindya: Indonesia satu kapal dengan India saat defile Olimpiade Paris

 

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024