Banda Aceh (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Aceh menyiapkan pola pengamanan dan pengawalan rute lalu lintas pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut.

Direktur Lalu Lintas Polda Aceh Kombes Pol Muhammad Iqbal Alqudusy di Banda Aceh, Jumat, mengatakan penyiapan pola pengamanan dan pengawalan tersebut untuk memastikan rute lalu lintas berlangsung sesuai yang diharapkan.

"Adapun pola pengamanan dam pengawalan di antaranya mobilisasi atlet dan ofisial, lokasi parkir pada saat pembukaan, maupun di arena cabang-cabang olahraga," katanya.

Perwira menengah Polda Aceh itu menegaskan Ditlantas Polda Aceh dan jajaran siap melaksanakan pengamanan dan pengawalan pada PON XXI, di mana Aceh menjadi tuan rumah bersama dengan Sumatera Utara.

"Secara umum, kami siap mengawal dan mengamankan rute lalu lintas untuk kesuksesan PON XXI. Kami juga mengajak masyarakat Aceh ikut bersama-sama menyukseskan pesta olahraga nasional tersebut," kata Muhammad Iqbal Alqudusy.

Terkait dengan kendaraan pengawalan, kata dia, Satuan PJR Ditlantas Polda Aceh belum memiliki sepeda motor dengan kapasitas 1.200 cc untuk pengawalan VVIP. Selain itu juga penambahan kendaraan bermotor untuk pengawalan atlet dan ofisial.

"Apalagi, PON XXI rencananya dibuka Presiden RI. Dan ini tentu membutuhkan banyak kendaraan bermotor untuk pengawalan. Dan ini juga sudah kami sampaikan kepada Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan dalam kunjungan ke Aceh," katanya.

Muhammad Iqbal Alqudusy menyebutkan Irjen Aan Suhanan menyatakan akan memenuhi apa yang menjadi permintaan Ditlantas Polda Aceh terkait penambahan kendaraan bermotor pengawalan pada PON XXI.

"Kakorlantas juga mengingatkan jajaran Ditlantas Polda Aceh untuk bersinergi dan berkomunikasi dengan pemangku kebijakan terkait. Sinergi dam komunikasi ini merupakan kunci keberhasilan pelaksanaan tugas," kata Muhammad Iqbal Alqudusy.

Baca juga: Polda Aceh kerahkan 3.000 personel untuk pengamanan PON XXI
Baca juga: Dishub Sumut uji kesiapan transportasi di 10 daerah jelang PON XXI

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024