Jakarta (ANTARA) - Manchester United (MU) harus menggelontorkan dan hingga 62 juta euro (sekitar Rp1,83 triliunan) demi mendatangkan bek muda berumur 18 tahun asal Prancis Leny Yoro dari Lille.

Setan Merah harus memberikan harga terbaik untuk mendapatkan Yoro karena harus bersaing dengan raksasa Spanyol, Real Madrid yang juga menginginkan tanda tangan pemain tersebut. Namun United bisa dikatakan beruntung karena Yoro lebih memilih untuk menjadikan Theatre of Dreams sebagai rumah barunya.

"Bergabung dengan klub dengan status dan ambisi seperti Manchester United di awal karir saya adalah suatu kehormatan yang luar biasa," ujar Leny Yoro di laman resmi United.

Yoro juga berpendapat bahwa United memberikan rencana yang jelas untuk masa depan karirnya di sepak bola, sebagai pemain muda yang masih memiliki perjalanan panjang, tentu hal ini menjadi nilai plus untuk Yoro berada di United.

“Sejak percakapan pertama saya dengan klub, mereka telah menetapkan rencana yang jelas tentang bagaimana saya dapat berkembang di Manchester sebagai bagian dari proyek menarik ini, dan menunjukkan perhatian yang besar terhadap saya dan keluarga saya," lanjut Leny Yoro.

Pemain bertinggi 190 cm itu juga mewarisi nomor punggung legenda United Nemanja Vidic, yakni nomor 15. 

Selain Yoro, terdapat sejumlah pesepak bola belia yang ditransfer dengan harga fantastis lantaran dianggap memiliki potensi besar untuk menjadi pemain bintang, berikut ulasannya:

Romeo Lavia
 
Pemain Southampton Romeo Lavia berebut bola dengan pemain Leicester City Ayoze Perez saat laga Liga Inggris di King Power Stadium, Leicester, Inggris (20/8/2022). Bermain di kandang, Leicester City keok 1-2 lawan Southampton. ANTARA FOTO/REUTERS/Craig Brough/aww.


Pesepak bola Belgia, Romeo Lavia menjadi buah bibir pada tahun lalu karena direkrut Chelsea dengan harga 53 juta pounds dari Southampton, saat pemain itu masih berusia 19 tahun.

Lavia dikontrak selama tujuh tahun di Stamford Bridge. Namun Lavia mengalami cedera pada musim pertamanya sehingga hanya tampil satu kali kemudian menepi hingga akhir musim.

Matthijs de Ligt
 
Matthijs de Ligt. ANTARA/AFP/KOEN VAN WEEL


Demi memperkuat pertahanan, Juventus rela membayar 85,5 juta euro kepada Ajax untuk mendatangkan Matthijs de Ligt pada 2019, saat pemain Belanda itu masih berumur 19 tahun.

Namun tandem Virgil van Dijk di timnas Belanda itu hanya bertahan tiga tahun di Juventus, kemudian pindah ke Bayern Munchen pada tahun 2022.

Joao Felix
 
Aksi bintang Portugal Joao Felix saat timnas Portugal membantai Luxembourg 9-0 dalam kualifikasi Euro 2024 Grup J di Estadio Algarve, Almancil, Portugal. Selasa (12/9/2023). (ANTARA/REUTERS/Pedro Nunes)


​​​​​​​Joao Felix memang digadang-gadang sebagai wonderkid pada masanya. Namun siapa sangka jika Atletico Madrid sampai mengeluarkan dana hingga 127 juta euro kepada Benfica untuk mendatangkan striker asal Portugal itu.

Sayangnya, Felix tidak sepenuhnya bermain untuk Atletico, melainkan dipinjamkan ke Chelsea pada 2022 dan Barcelona pada 2023.

Kylian Mbappe
​​​​​​​
Kylian Mbappe tampil secara resmi sebagai pemain baru Real Madrid di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Selasa (16/7/024). Striker asal Prancis itu telah menandatangani kontrak berdurasi lima tahun dan diperkenalkan menggunakan nomor punggung sembilan. ANTARA FOTO/REUTERS/Laurent Lairys/Spt.


Real Madrid memang mendatangkan Kylian Mbappe secara gratis atau bebas transfer dari Paris Saint-Germain (PSG) pada awal musim ini.

Namun, klub ibu kota Prancis itu sempat mengeluarkan dana hingga 180 juta euro saat mendatangkan Mbappe dari AS Monaco ke PSG pada tahun 2018.

Mbappe kemudian menjadi pencetak gol terbanyak PSG dengan catatan 256 gol dari 308 pertandingan sebelum pindah ke Santiago Bernabeu

Baca juga: Manchester United rampungkan transfer Leny Yoro dari Lille

Baca juga: Bek Bayern Matthijs de Ligt harus menepi akibat cedera lutut

Baca juga: Barcelona resmi lepas Joao Felix, Joao Cancelo, dan Marcos Alonso

 

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024