Jakarta (ANTARA) - Komandan Korps Marinir TNI AL Mayor Jenderal TNI Marinir Endi Supardi mengatakan jajarannya sedang menyiapkan pasukan sebagai bagian dari komponen upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur.

"Memang betul. Untuk itu, Korps Marinir TNI AL ditunjuk untuk menyiapkan dua peleton dalam hal ini berkekuatan masing-masing 21 personel ditambah pendukung, komandan peleton, komandan kompi, dan cadangan. Keseluruhan berjumlah 53 personel," kata Endi kepada wartawan di Ksatrian Marinir Hartono, Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat.

Ia mengatakan Korps Marinir juga menyiapkan empat kendaraan pengangkut personel dan perlengkapan pasukan untuk keperluan di IKN. "Pasukan kami berangkat pada 5 Agustus," tambahnya.

Pemerintah telah menetapkan upacara pengibaran bendera Merah Putih dilaksanakan di lapangan utama upacara IKN pada 17 Agustus 2024.

"Kawan-kawan wartawan tadi telah menyaksikan bagaimana mereka berlatih untuk keperluan upacara itu. Di mana pun Korps Marinir TNI AL ditampilkan atau untuk keperluan apa pun harus memberikan yang terbaik," kata Endi.

Baca juga: Upacara HUT RI di IKN, TNI AL siapkan kapal LPD untuk angkut pasukan

"Karena upacara ini pertama kali dilaksanakan di sana (IKN) maka kami menyiapkan prajurit kami yang terbaik untuk dilatih dan disiapkan sebaik mungkin," tambah Dankormar.

Pada saat Dankormar memberikan keterangan, di Lapangan Hitam Ksatrian Hartono itu terdapat dua kompi personel TNI AL secara komposit untuk berlatih upacara 17 Agustus 2024. Mereka terdiri atas puluhan personel Korps Marinir TNI AL dan satuan-satuan lain.

Mereka telah berlatih secara sangat serius sejak beberapa waktu lalu dan semuanya adalah personel pilihan.

Para prajurit TNI AL itu berlatih sudah dengan mengenakan seragam upacara yang sebenarnya, lengkap dengan senjata perorangan dan perlengkapan yang seharusnya sebagaimana upacara dilaksanakan. Mereka juga berlatih untuk tampil sebagai bagian dari defile upacara pada posisi-posisi yang telah ditetapkan.

"Tadi sudah ada yang menyatakan bahwa Korps Marinir TNI AL, selain sebagai pasukan TNI AL, tetapi juga sebagai ikon. Mudah-mudahan Korps Marinir TNI AL di mana pun penugasan bisa tampil dan berhasil," katanya.

Baca juga: Jokowi perkirakan IKN baru 15 persen dibangun saat Upacara 17 Agustus
Baca juga: Menyimak persiapan pelaksanaan upacara bersejarah HUT Ke-79 RI di IKN


Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024