Tetap akan kami evaluasi intensitas penumpang supaya tidak mubazir, baik itu secara konektivitas maupun aktivitas, sehingga memberikan dampak keuntungan bagi pengguna jasa penerbangan, maskapai maupun pemerintah
Palu (ANTARA) -
Otoritas Bandara Mutiara Sis-Aljufi Palu, Sulawesi Tengah, mengatakan, rute penerbangan baru tujuan Palu-Surabaya menggunakan maskapai Super Air Jet mulai beroperasi.
 
"Pesawat yang dioperasikan jenis Airbus," kata Kepala Bandara Mutiara Sis-Aljufi Palu Rudi Richardo di Palu, Jumat.
 
Rudi  menjelaskan, maskapai tersebut beroperasi mulai Jumat (19/7) dengan penerbangan perdana dari Surabaya - Palu dengan jumlah penumpang sekitar 160 orang lebih dan dari Palu - Surabaya.
 
Menurut otoritas bandara Mutiara Sis-Aljufi, bertambahnya rute penerbangan tersebut, akan membantu peningkatan sektor pariwisata dan UMKM yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi daerah.
 
Meski begitu pihaknya tetap melakukan evaluasi terhadap setiap aktivitas penerbangan, sebagai langkah efisiensi.
 
"Tetap akan kami evaluasi intensitas penumpang supaya tidak mubazir, baik itu secara konektivitas maupun aktivitas, sehingga memberikan dampak keuntungan bagi pengguna jasa penerbangan, maskapai maupun pemerintah,” katanya.
 
Ia mengatakan, pihaknya akan melakukan pengajuan proposal kepada maskapai Super Air Jet untuk mengubah jadwal penerbangan Palu - Surabaya, supaya penumpang dari Morowali saling terhubung dengan Palu - Surabaya.
 
“Harapan kami ada perpanjangan waktu sekitar 30 menit penumpang, karena tidak menutup kemungkinan penumpang Morowali-Palu ada yang tujuan Surabaya, karena selisih penerbangan Palu-Surabaya dan kedatangan penumpang Morowali-Palu tidak terlalu lama,” kata Rudi.
 
Ia mengemukakan maskapai yang beroperasi di Bandara Mutiara Sis Al Jufri saat ini yakni Garuda, Citilink, Batik, Lion, Wings, Super Air Jet, dua penerbangan Susi Air dan Sam Air serta satu penerbangan cargo yakni Airbus.
 
Pesawat Airbus berkapasitas 180 penumpang itu melayani kelas ekonomi dan penerbangan setiap hari dengan waktu keberangkatan dari Surabaya pukul 06:10 WIB dan tiba di Palu sekitar pukul 09:15 Wita, dengan nomor penerbangan IU 566.
 
"Keberangkatan dari Palu pukul 10:15 Wita dan tiba di Surabaya sekitar pukul 11:10 WIB, dengan nomor penerbangan IU 567," kata Rudi.

Baca juga: Bandara Mutiara Palu segera buka rute penerbangan Palu-Surabaya
Baca juga: Presiden Jokowi meresmikan Bandara Mutiara Sis Al-Jufri
Baca juga: Presiden Jokowi meresmikan Bandara Mutiara Sis Al-Jufri

Pewarta: Mohamad Ridwan/Kristina Natalia
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024