Jakarta (ANTARA) - Bisnis di seluruh dunia pada hari Jumat melaporkan adanya gangguan IT, termasuk munculnya "layar biru kematian" pada komputer Windows mereka, dalam salah satu gangguan IT paling luas dalam beberapa tahun terakhir.

Dikutip dari TechCrunch, Jumat, gangguan ini, yang banyak profesional keamanan kaitkan dengan pembaruan dari CrowdStrike, telah mempengaruhi perusahaan di berbagai sektor, mulai dari bank, jaringan makanan, dan rumah pialang, hingga organisasi berita, jaringan kereta api, dan maskapai penerbangan.

Di Inggris, Bursa Saham London, bandara Edinburgh, dan Ryanair melaporkan adanya gangguan dalam layanan mereka, sementara maskapai India IndiGo, Akasa, dan SpiceJet melaporkan bahwa sistem check-in mereka di beberapa bandara tidak lagi berfungsi, memperingatkan penumpang bahwa penerbangan mereka mungkin akan tertunda akibat hal ini.

Bandara Hong Kong juga mengalami kerusakan pada sistem check-in mereka, dan South China Morning Post melaporkan bahwa gangguan ini menyebabkan "kekacauan di bandara internasional." Bandara Delhi mengatakan bahwa gangguan global telah menurunkan beberapa layanan mereka.

Baca juga: Penyebab gangguan global WhatsApp dan Facebook ditemukan

Baca juga: Twitter, TweetDeck alami gangguan secara global


Penyiar berita Inggris Sky News mengalami kesulitan dalam siaran langsung pagi ini akibat gangguan tersebut, tweet ketua eksekutif perusahaan David Rhodes. New Zealand Herald melaporkan bahwa layanan perbankan di negara tersebut juga terkena dampaknya.

Banyak pelanggan melaporkan tidak dapat memulai ulang komputer mereka akibat masalah ini. Gangguan ini terjadi tak lama setelah Microsoft mengonfirmasi masalah layanan dengan aplikasi Microsoft 365 pada Kamis (18/7)malam, yang memengaruhi beberapa maskapai termasuk Delta dan United. Halaman status layanan Microsoft mengatakan bahwa masalah sedang dalam proses penyelesaian.

Secara signifikan, gangguan ini tampaknya bukan hasil dari serangan siber. Beberapa bisnis dan pakar keamanan menuding perusahaan keamanan CrowdStrike, dan perusahaan energi Australia AGL secara langsung menyalahkan pembaruan dari perusahaan tersebut. Perangkat lunak perusahaan ini banyak digunakan oleh perusahaan untuk mengelola keamanan pada perangkat dan server Windows.

Sebuah posting di forum dukungan CrowdStrike mengakui masalah ini, mengatakan bahwa perusahaan telah menerima laporan tentang adanya henti operasi yang terkait dengan pembaruan konten.

Perusahaan keamanan tersebut tidak segera menanggapi permintaan untuk berkomentar. Microsoft juga tidak menanggapi permintaan untuk berkomentar.

Seorang moderator di subreddit CrowdStrike mengatakan bahwa perusahaan menyadari "laporan luas" tentang kesalahan layar biru pada perangkat Windows di berbagai versi perangkat lunaknya.

Perusahaan sedang menyelidiki penyebabnya, demikian bunyi pesan tersebut. Saham CrowdStrike turun lebih dari 14 persen dalam perdagangan pra-pasar pada hari Jumat.

Baca juga: WhatsApp sempat alami gangguan global

Baca juga: Jaringan Rogers alami gangguan, pengaruhi internet dan ponsel Kanada

Baca juga: Kegagalan sistem Lufthansa sebabkan kekacauan perjalanan besar

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024