Banda Aceh (ANTARA) - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Aceh menyebut jamaah haji Aceh yang masih berada di Madinah, Arab Saudi, menunaikan ibadah Arbain atau shalat fardhu dalam 40 waktu sembari menunggu jadwal pemulangan ke tanah air.

Ketua PPIH Debarkasi Aceh Azhari, di Banda Aceh, Jumat, mengatakan saat ini jamaah haji Aceh yang masih berada di Madinah sebanyak 1.170 orang, yang tergabung dalam tiga kelompok terbang (kloter).

“Jamaah haji Aceh di Madinah mengisi kegiatan-kegiatan ibadah sambil menunggu jadwal kepulangan ke tanah air," katanya.

Ia menjelaskan, PPIH Aceh tahun ini memberangkatkan 4.710 orang untuk melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci. Selama ibadah haji, 15 orang di antaranya dinyatakan meninggal dunia.

Baca juga: PPIH: Delapan kloter haji Aceh telah kembali ke Tanah Air, sisa empat

Saat ini jamaah haji yang telah kembali ke tanah air sebanyak 3.525 orang, yang tergabung dalam sembilan kloter.

"Insya Allah tiga kloter lagi, yaitu Kloter 10-BTJ, 11-BTJ, dan 12-BTJ akan tiba Sabtu (20/7), Minggu (21/7), dan Senin (22/7),” ujarnya.

Azhari juga mengimbau jamaah yang masih di Madinah tetap menjaga kesehatan, istirahat yang cukup, dan makan yang teratur.

"Mudah-mudahan saat terbang kembali ke tanah air dalam kondisi sehat wal afiat," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Nagan Raya Aceh sambut kedatangan 103 haji

Azhari menyebutkan jamaah haji yang baru mendarat di Aceh yaitu Kloter 09-BTJ sebanyak 393 orang. Mereka mendarat menggunakan pesawat Garuda Indonesia melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar, Jumat (19/7) pukul 11.20 WIB.

Jamaah haji Kloter 09-BTJ tersebut berasal dari Kabupaten Aceh Tamiang, Kota Langsa, Bireuen, Aceh Utara, Aceh Timur, dan Pidie.

Di sisi lain, lanjut Azhari, saat ini ada tiga haji Aceh yang masih menjalani perawatan medis di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh, yaitu Mahdi bin Sulaiman (60) asal Banda Aceh karena patah tulang belakang, Siti Hawa Akop Pulo (89) asal Aceh Barat karena pneumonia, dan M Nasir Jala (63) asal Nagan Raya karena diabetes melitus.

Baca juga: Jamaah haji Aceh meninggal bertambah, seorang lagi wafat di RS Madinah

"Ketiganya tergabung dalam Kloter 08-BTJ,” kata Azhari.

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024