"Penyerap karbon adalah segala sesuatu yang menyerap lebih banyak karbon dari atmosfer dibandingkan yang dilepaskannya, dan hutan biasanya merupakan penyerap karbon..."
Harbin (ANTARA) - Provinsi Heilongjiang di China timur laut, yang terkenal dengan sumber daya hutannya yang kaya, telah meluncurkan sistem perdagangan penyerapan karbon kehutanan, sebagai bagian dari upaya negara itu untuk mencapai target ganda karbonnya.

"Sebagai sistem perdagangan penyerapan karbon kehutanan tingkat provinsi pertama yang diinisiasi oleh otoritas kehutanan dan padang rumput, sistem ini memberikan referensi yang baik bagi upaya perdagangan serapan karbon kehutanan di provinsi lain," kata Guo Qingjun, pejabat Administrasi Kehutanan dan Padang Rumput Nasional, saat upacara peluncuran pada Rabu (17/7).

Penyerap karbon adalah segala sesuatu yang menyerap lebih banyak karbon dari atmosfer dibandingkan yang dilepaskannya, dan hutan biasanya merupakan penyerap karbon.

Heilongjiang memiliki kawasan hutan seluas 20,12 juta hektare, yang mencakup 8,7 persen dari total luas hutan di China dan menduduki peringkat ketiga di negara tersebut. Ekosistem hutan lokal di provinsi itu memiliki cadangan karbon sekitar 5,7 miliar ton.

Selain Heilongjiang, provinsi seperti Fujian, Guangdong, dan Shandong juga telah menerapkan praktik penyerap karbon kehutanan untuk mendorong transformasi hijau.

China telah menetapkan target ambisius untuk mencapai puncak karbon pada 2030 dan netralitas karbon pada 2060, serta mengambil peran penting dalam perjuangan global melawan perubahan iklim.

"Pengembangan proyek penyerap karbon kehutanan tidak hanya meningkatkan lingkungan ekologis namun juga meningkatkan pasokan produk dan jasa ekologis, mendorong interaksi positif antara perlindungan ekologi dan pembangunan ekonomi," kata Li Jian, seorang akademisi dari Akademi Teknik China.

Perdagangan penyerapan karbon di bidang kehutanan adalah salah satu dari banyak pendekatan yang diambil China untuk mencapai jalur hijau, yang menunjukkan komitmen teguh negara tersebut terhadap prioritas ekologi dan pembangunan rendah karbon.

Sejalan dengan target ganda karbon, China telah melakukan upaya kuat untuk mengembangkan pasar perdagangan karbonnya. Negara itu telah melakukan uji coba perdagangan emisi karbon di berbagai daerah sejak 2011 untuk mengeksplorasi mekanisme berbasis pasar guna mengendalikan emisi gas rumah kaca. Pasar perdagangan emisi karbon nasional resmi diluncurkan pada 2021.

Hingga Rabu, volume kumulatif tunjangan emisi karbon (carbon emission allowance) di pasar karbon nasional mencapai sekitar 465 juta ton, dengan omzet hampir 27 miliar yuan, menurut data.

Pada Juli, provinsi pulau tropis Hainan, China, mencatatkan transaksi proyek perdagangan penyerapan karbon pertama di negara itu yang terletak di sebuah hutan hujan tropis taman nasional.

Tiga perusahaan telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Kantor Manajemen Taman Nasional Hutan Hujan Tropis Hainan cabang Gunung Diaoluo untuk pembelian penyerapan karbon hutan hujan tropis senilai total 350.000 yuan, menurut departemen kehutanan provinsi.

Penyerapan karbon yang diperdagangkan berasal dari kawasan Gunung Diaoluo taman nasional tersebut. Di sana, Merremia boisiana, tanaman rambat invasif yang berbahaya bagi pohon, dimusnahkan dari 667 hektare kawasan hutan.

Pemusnahan tanaman rambat tersebut akan membantu mempercepat pertumbuhan pohon, sehingga diperkirakan menghasilkan pengurangan 109.000 ton emisi karbon dioksida selama 20 tahun ke depan, dengan nilai perdagangan penyerapan karbon mencapai lebih dari 10 juta yuan.

Ketiga perusahaan tersebut membeli penyerapan karbon masing-masing seharga 150.000 yuan, 100.000 yuan, dan 100.000 yuan untuk mengimbangi emisi karbon mereka dan berkontribusi terhadap netralitas karbon.

Menurut Niu Guimin, peneliti di Akademi Ilmu Sosial Tianjin, langkah mempromosikan diversifikasi jenis dan metode perdagangan karbon dianggap sebagai tren saat ini.

"Perlindungan lingkungan dan penghijauan merupakan kontribusi China kepada dunia. Inisiatif seperti perdagangan penyerapan karbon kehutanan menunjukkan masa depan yang menjanjikan dengan integrasi nilai ekologis dan nilai ekonomi menjadi nyata," kata Niu. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024