Pawai ini menampilkan arak-arakan satu buah tabut setinggi 7 meter dan 2 buah tabut kecil
Jakarta (ANTARA) - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menggelar Pawai Tabut Nusantara yang merupakan seni tradisional dari Provinsi Bengkulu dalam rangkaian peringatan 10 Muharram.

"Acara itu dalam rangka memperingati 10 Muharram," kata Direktur Utama TMII, Intan Ayu Kartika dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

Tabut adalah upacara tradisi masyarakat Bengkulu dalam memperingati Tahun Baru Islam.

Pawai ini menampilkan arak-arakan satu buah tabut setinggi 7 meter dan 2 buah tabut kecil, pertunjukan musik dol (gendang), hadrah, serta berbagai pertunjukan seni dan budaya khas daerah.

Pawai akan dimulai pada pukul 15.30 WIB bertolak dari Anjungan Bengkulu menuju Plaza Kori Agung dan dilanjutkan dengan "Tari Payung Geulis Masal".

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati kuliner khas daerah secara gratis. Acara ini juga diharapkan dapat menjadi wadah edukasi, terutama bagi generasi muda untuk lebih mengenal dan menghargai kekayaan budaya Indonesia.

"Kami berharap acara ini dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan tradisi daerah kepada masyarakat luas, serta mengajak mereka untuk turut melestarikan warisan budaya bangsa. TMII selalu berkomitmen untuk menghadirkan acara-acara yang edukatif dan menghibur bagi seluruh keluarga," ujar Intan.

Tak hanya itu, dalam memperingati Hari Anak Nasional, TMII juga menghadirkan parade marching band yang melibatkan lebih dari 1.000 anak dari sekolah-sekolah se-Jakarta pada Minggu (21/7) pukul 15.00 WIB di Tugu Api Pancasila.

Acara ini akan menjadi puncak perayaan Hari Anak Nasional di TMII, dengan berbagai kegiatan yang dirancang khusus untuk anak-anak dan keluarga.

"Perayaan Hari Anak Nasional adalah momen penting bagi kami untuk memupuk rasa kebersamaan serta mengajarkan anak-anak tentang pentingnya menghargai dan menghormati keberagaman budaya di Indonesia," kata Intan.

Untuk memeriahkan perayaan ini, TMII juga memberikan beragam promo menarik, seperti gratis tiket masuk TMII untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun selama periode 20-23 Juli 2024 (maksimal 2 anak dalam 1 transaksi) dengan menunjukkan KK/KIA/Kartu Pelajar sebagai validasi usia, bundling tiket kereta gantung, naik kereta gantung sepuasnya, dan Jagat Satwa Nusantara.

Pembelian tiket dapat dilakukan secara online melalui https://tiket.tamanmini.com/, kemudian untuk informasi lebih lanjut mengenai jadwal kegiatan, dapat mengunjungi akun sosial media @tmiiofficial.
Baca juga: Pemprov DIY suguhkan Gelar Seni Budaya Yogyakarta di TMII
Baca juga: 3.500 peserta bakal ramaikan "fun run" di TMII, Jakarta
Baca juga: CRK Entertainment - TMII kerja sama pertunjukan stuntman internasional

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024