Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi melantik Hokky Situngkir sebagai Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Kominfo.

Pelantikan yang digelar di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat, tersebut merupakan tindak lanjut Keputusan Presiden RI Nomor 83/TPA Tahun 2024 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang ditetapkan pada 16 Juli 2024.

Dikutip dari siaran pers, Jumat, Budi Arie menyampaikan arahan kepada Dirjen Aptika yang baru untuk fokus menyelesaikan tugas-tugas krusial di bidang Aptika yang harus segera diselesaikan pada masa pemerintahan ini, sekaligus keberlanjutannya untuk pemerintahan yang akan datang.

“Secara lebih spesifik, saya ingin memberikan beberapa instruksi yang terbagi dalam dua klaster, yakni terkait dengan kepemimpinan dan tata kelola organisasi, serta yang kedua terkait dengan pelaksanaan program prioritas,” kata dia.

Baca juga: Menkominfo akan wajibkan kementerian dan lembaga miliki cadangan data

Baca juga: Menkominfo sidak Pusat Data Temporer PDNS 2 di Tangerang Selatan


Terkait kepemimpinan dan tata kelola organisasi, Budi Arie memberikan arahan terkait dengan peningkatan kualitas perencanaan, akuntabilitas dalam pengelolaan anggaran, pemberdayaan birokrasi, dan penguatan kolaborasi dengan ekosistem.

Kemudian dari segi pelaksanaan program prioritas, Budi Arie menekankan beberapa program prioritas yang perlu menjadi perhatian Dirjen Aptika.

Beberapa program dimaksud, di antaranya pemberantasan judi online, pemulihan Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 beserta ekosistemnya,

Selanjutnya, penuntasan sejumlah regulasi di bidang Aptika seperti aturan pelaksana Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi (PDP), Peraturan Menkominfo (Permenkominfo) tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Publik, pengembangan ekosistem ekonomi digital, dan peningkatan literasi digital.

Budi Arie berharap agar Dirjen Aptika yang baru dapat mengemban tugas dengan baik dan optimal.

“Kepada Pak Hokky, selamat mengemban tugas untuk mewujudkan visi besar Bapak Presiden Joko Widodo, menuju Indonesia Emas 2045, melalui transformasi digital yang bermakna, memberdayakan, dan berkelanjutan,” pungkas Menkominfo.

Pada acara pelantikan tersebut, turut hadir Wakil Menteri Kominfo Nezar Patria, Sekretaris Jenderal Kemenkominfo Mira Tayyiba, Inspektur Jenderal Kemenkominfo Arief Tri Hardiyanto, Dirjen SDPPI Ismail, Dirjen PPI Wayan Toni Supriyanto, Dirjen IKP Usman Kansong, dan Direktur Utama BAKTI Fadhilah Mathar.

Baca juga: Menkominfo tekankan keterbukaan komunikasi publik jaga ruang digital

Baca juga: Menkominfo ajak pelaku bisnis manfaatkan AI untuk tingkatkan usahanya

Baca juga: Menkominfo jelaskan BTS tetap dibutuhkan untuk pemerataan konektivitas

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024