Jakarta (ANTARA) -
Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024, Anindya Bakrie, mengatakan Indonesia akan satu kapal dengan India saat defile atlet untuk pembukaan acara di Sungai Seine, Paris, Prancis, pada 26 Juli mendatang.
 
Ia membeberkan, sebanyak 206 negara nanti akan terbagi ke dalam 103 kapal yang diisi masing-masing oleh dua negara, guna mengikuti kegiatan parade atlet atau kontingen.
 
"Jadi defile 'kan di Sungai Seine, itu ada 206 negara. Satu kapal diisi dua negara dan Indonesia bersama India," kata Anindya usai mengikuti kegiatan pelepasan dan doa bersama Pengurus Besar Akuatik (PB Akuatik) Indonesia menuju Olimpiade Paris 2024 di Jakarta, Jumat.
 
Lebih lanjut dia membeberkan, nantinya dalam satu kapal hanya dibatasi sebanyak 15 atlet per negara, sehingga kelihatan merata untuk setiap kontingen.
   
Sementara itu, terkait desain kostum yang akan dipakai kontingen, dirinya belum bisa mengumumkan secara detail motif dan lainnya.
 
Namun, yang pasti desainnya akan berupaya untuk menggabungkan nilai-nilai tradisional atau budaya dengan sesuatu yang global dan fashionable.
 
"Ya pengumuman desainnya nantilah, kembalikan ke mas Didit Hediprasetyo sebagai desainer. Ya kalau nanti ada pro kontra itu biasa, selera orang 'kan berbeda-beda," ujar pria yang juga Ketua Umum PB Akuatik Indonesia itu.
 
Anindya optimistis, kostum Indonesia akan menarik perhatian bagi penonton dan media yang hadir untuk meliput langsung kegiatan.
 
Kostum yang dipakai nanti juga bisa menjadi penyemangat bagi 29 atlet yang akan bertanding, karena dirinya selalu menyampaikan bahwa performa di dalam lapangan sangat penting, tetapi di luar juga sama pentingnya untuk menunjang performa atau kepercayaan diri saat bertanding.
 
Sebanyak 29 atlet Indonesia yang berangkat dalam edisi Olimpiade Paris 2024 yang diselenggarakan pada 26 Juli- 11 Agustus, merupakan yang terbanyak dalam 20 tahun terakhir atau terbanyak kedua setelah Olimpiade Athena 2004 dengan total 38 atlet.
 
Jumlah total atlet yang berangkat nanti terbagi dari 12 cabang olahraga, seperti bulu tangkis, panjat tebing, akuatik, senam, judo, dan lainnya.
 
Total 29 atlet itu terbagi dengan 16 atlet putra dan 13 atlet putri terbaik yang telah berjuang selama proses Kualifikasi Olimpiade, maupun jalur undangan.
 
Sedangkan total keseluruhan dalam kontingen berjumlah 86 orang yang terdiri dari atlet, pelatih, dan ofisial masing-masing cabang olahraga.

Baca juga: Olimpiade, daftar prestasi Indonesia dari tahun ke tahun

Baca juga: Kontingen Indonesia dapat dukungan dari enam sponsor di Olimpiade 2024

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024