Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan menambah dua embung pada 2024 untuk mengurangi masalah banjir di wilayah tersebut.
 
"Untuk pembangunan embung kita ada dua, yakni di Jalan Pemuda, Jagakarsa dan SDN 01 Pesanggrahan," kata Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Santo di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Jumat.
 
Santo menyatakan sebenarnya kedua embung secara non fisik sudah terbentuk dan untuk fisiknya dilakukan pada tahun ini melalui kontrak. "Fisiknya baru tahun ini, Insya Allah akhir November ini sudah selesai semua," ujarnya.
 
Adapun pemilihan dua lokasi tersebut, yakni pemerintah mencoba mencari lahan kosong yang telah dimanfaatkan ataupun lokasinya berada di bantaran kali.

Baca juga: Jaksel gencarkan sosialisasi pembebasan lahan normalisasi Ciliwung
 
Selain itu, dia juga menambahkan, pihaknya 
membidik lahan yang dimiliki Dharma Jaya untuk dilakukan pengerukan yang dimulai November 2024 dan peresmian dilakukan 2025.
 
SDA Jakarta Selatan menyatakan siap berupaya menanggulangi masalah banjir demi mewujudkan Jakarta sebagai kota yang nyaman bagi masyarakat. "Kami siap untuk membuat embung atau waduk sebagai penanggulangan banjir," ujarnya
 
Sejumlah program yang dilaksanakan Suku Dinas SDA Jakarta Selatan yakni pembangunan rumah pompa beserta kelengkapan penanganan genangan di Wilayah Cipulir (Seskoal), Kelurahan Cipulir, Kecamatan Kebayoran Lama.

Baca juga: Pemkot Jakpus prioritas kurangi genangan di jalan protokol
 
Lalu, pembangunan saluran jacking penanganan genangan di Wilayah Cipulir (Seskoal), Kelurahan Cipulir, Kecamatan Kebayoran Lama, pengadaan pompa pengendalian banjir wilayah Cipulir (Seskoal), dan pembangunan Polder /Pompa IKPN di IKPN Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan.
 
Kemudian, pembangunan/normalisasi saluran di Jakarta Selatan meliputi kawasan Bukit Duri Tanjakan (Tebet), saluran Phb Dharmawangsa (Kebayoran Baru), saluran Phb Patra (Setiabudi), saluran Jalan Dr. Satrio (Setiabudi) dan saluran Jalan Setiabudi Timur (Setiabudi).
 
Saluran Jalan Taman Setiabudi (Setiabudi), saluran Jalan Menteng Wadas (Setiabudi), saluran Jalan Menteng Atas RW 01 (Setiabudi), saluran Jalan Menteng Atas RW 06 (Setiabudi), dan saluran Jalan Kebagusan 1 RW 7 (Pasar Minggu).
 
Saluran Jalan Musholah (Pasar Minggu), saluran Jalan Kebagusan 1 RW 01 (Pasar Minggu), saluran Jalan Niming (Pasar Minggu), saluran Jalan Kebagusan 2 (Pasar Minggu), dan saluran Jalan Kebagusan Raya (Pasar Minggu).

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024