Kabupaten Bandung (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Bandung menerjunkan sebanyak 2.000 personel untuk mengamankan pertandingan pembuka turnamen Piala Presiden 2024 yang mempertemukan Persib Bandung dengan PSM Makassar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat sore.

"Lebih kurang yang diterjunkan sekitar 2.000 personel, yaitu saat pemeriksaan tiket dan di area jalan raya yang menuju Stadion Si Jalak Harupat. Intinya kita melaksanakan pengamanan di ring dua,” kata Kapolresta Bandung Kombes Polisi Kusworo Wibowo di Bandung, Jumat.

Kusworo menyampaikan bahwa zona ring satu yang akan diterjunkan adalah petugas pelayan atau steward untuk memberikan pengamanan di dalam stadion.

Ia menambahkan laga pembuka ini rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo sehingga akan ada pengamanan yang lebih melekat di sekitar stadion.

"Karena memang ring satu, itu ranahnya steward. Baru ring dua dan ring tiga itu ranahnya TNI Polri. Apabila ada Presiden, nantinya akan ada pengamanan khusus dari Kodim," kata dia.

Baca juga: Persib berupaya tampilkan permainan terbaik pada Piala Presiden 2024

Kusworo mengungkapkan pihaknya akan melakukan penjagaan ketat guna mencegah penonton yang tidak memiliki tiket dan membawa barang-barang terlarang ke dalam stadion.

"Kami meminta para suporter apabila hadir ke stadion tidak membawa barang-barang terlarang, datang tidak terpengaruh alkohol, tidak melakukan hal hal yang bisa merugikan tim tuan rumah agar tidak terkena sanksi dan lain sebagainya," katanya.​​​​​​​

Kusworo juga mengimbau suporter PSM Makassar untuk tidak menghadiri laga tersebut karena hal itu berdasarkan keputusan penyelenggara Piala Presiden bahwa pertandingan Persib lawan PSM tidak dapat dihadiri suporter tim tamu.

"Untuk suporter hanya boleh ditonton suporter tim tuan rumah. Sedangkan suporter tim tamu tetap dilarang dan hanya biasa menonton di televisi,” kata Kusworo.

Baca juga: Ketum PSSI tandaskan Indonesia masih dalam pengawasan FIFA

Sementara itu, Vice President Operational PT Persib Bandung Bermartabat Andang Ruhiat kembali mengingatkan perihal larangan suporter tim tamu hadir pada pertandingan Piala Presiden yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat.

"Kami mengikuti arahan dari PSSI dan Organizing Committee Piala Presiden bahwa pada gelaran ini, suporter tim tamu masih tidak diperkenankan hadir. Jadi, mari sama-sama kita hormati kebijakan ini dengan sebaik-baiknya," kata Andang.

Menurut dia, absennya suporter tim tamu karena PSSI dan FIFA masih berusaha untuk meningkatkan iklim sepak bola Indonesia bisa lebih kondusif dan positif.

"Karena sepak bola Indonesia masih terus berbenah, jadi perlu adanya peran serta dari setiap pihak yang terlibat dalam hal ini bisa menjaga dan mengikuti aturan yang berlaku," kata dia.

​​​​​​​Baca juga: Jadwal Piala Presiden 2024: Delapan tim bersaing untuk gelar juara

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024