Jakarta (ANTARA) - Shop Tokopedia Mall resmi meluncur, Jumat, sebagai sebuah inisiatif yang bertujuan untuk membantu pelaku usaha Indonesia melakukan ekspansi bisnis mereka serta meningkatkan kepercayaan dan kenyamanan masyarakat dalam bertransaksi online.

"Melanjutkan sinergi positif antara Tokopedia dan shop Tokopedia, hari ini kami secara resmi meluncurkan Shop Tokopedia Mall," ujar Senior Director of E-commerce Shop Tokopedia Stephanie Susilo di Jakarta, Jumat.

Riset dari Toluna di Asia Tenggara pada 2023 mengungkapkan bahwa 87 persen pengguna lebih memilih belanja dari toko resmi, dan 81 persen bersedia membayar lebih demi rasa aman yang lebih tinggi.

Baca juga: Shop Tokopedia capai hasil yang positif selama Ramadhan 2024

Baca juga: Tokopedia komitmen perangi praktik "predatory pricing"


Stephanie mengatakan pihaknya meluncurkan Shop Tokopedia Mall untuk memenuhi kebutuhan tersebut, di mana pelaku usaha mengalami peningkatan penjualan hingga tiga kali lipat setelah menjadi Official Store Tokopedia.

Dia menyampaikan bahwa terdapat sejumlah keuntungan apabila menjadi penjual di Shop Tokopedia Mall. Penjual di Shop Tokopedia Mall akan mendapatkan badge khusus yang bisa meningkatkan kepercayaan pembeli serta pengelolaan toko atau produk yang lebih eksklusif dan voucher pembelian spesial.

Penjual juga bisa menikmati solusi pemasaran yang lebih komprehensif untuk mendapatkan sorotan yang lebih tinggi melalui berbagai posisi strategis kepada konsumen, seperti di banner utama dan promo tanggal kembar.

"Ketiga, mengalami pertumbuhan bisnis hingga 3 kali lipat lebih tinggi," kata Stephanie.

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan, terdapat beberapa syarat yang harus diikuti penjual untuk mendapatkan status mall ini, seperti memegang sertifikat kepemilikan merek atau distributor resmi, menjual produk yang 100 persen asli, berpartisipasi dalam program gratis ongkir, dan memberikan jaminan gratis 15 hari pengembalian.

Stephanie mengatakan peluncuran Shop Tokopedia Mall diharapkan dapat membantu para pelaku usaha di Indonesia untuk melakukan ekspansi dan eksplorasi bisnis mereka.

"Semoga shop Tokopedia Mall membantu sebanyak-banyaknya pelaku usaha di Indonesia untuk melakukan ekspansi dan eksplorasi bisnis sekaligus meningkatkan kepercayaan dan kenyamanan masyarakat dalam bertransaksi online," pungkas Stephanie.

Baca juga: Tips memilih baju musim kemarau dari Tokopedia

Baca juga: Pemisahan sistem TikTok-Tokopedia di balik layar dinilai lebih aman

Baca juga: TikTok Shop dan Tokopedia dukung pertumbuhan pengusaha batik lokal

 

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024