Ini inovasi Petrokimia Gresik yang paling baru
Gresik, Jatim (ANTARA) - PT Petrokimia Gresik, anggota holding Pupuk Indonesia, meresmikan pengoperasian Agro Tech Center yang akan menjadi kawasan pusat riset bagi perusahaan dalam mengembangkan dan menciptakan inovasi bidang pertanian.

“Ini inovasi Petrokimia Gresik yang paling baru. Ini adalah Agro Tech Center yang akan menjadi pusat di mana kita mengaplikasikan teknologi-teknologi yang dimiliki Petrokimia Gresik,” kata Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Rahmad Pribadi di Gresik, Jawa Timur, Jumat.

Rahmad menuturkan Agro Tech Center akan menjadi kawasan bagi Petrokimia Gresik untuk mengaplikasikan inovasinya di bidang pertanian seperti adanya drone pupuk, alat uji tanah, serta mobil uji tanah next generation.

Ia mencontohkan, alat uji tanah yang ada selama ini keakurasiannya dinilai masih rendah karena dilakukan secara manual dan kemudian Petrokimia Gresik mampu menciptakan inovasi terbaru.

Petrokimia Gresik menciptakan alat uji yang langsung ditancapkan ke tanah dan secara otomatis muncul kandungan-kandungan dari tanah tersebut.

Selain itu, Petrokimia Gresik juga telah berhasil membuat drone pupuk yakni alat drone yang dapat digunakan untuk memupuk tanaman secara cepat dan efisien.

Hal itu lantaran dalam sekali proses pemupukan, drone mampu mengangkat pupuk hingga mencapai 40 kilogram yang akan habis disemprotkan ke tanaman hanya dalam waktu enam menit sehingga membutuhkan waktu yang singkat.

“Jadi kalau 1 hektar membutuhkan 200 sampai 250 kilogram maka dalam waktu 30 menit dari satu drone itu bisa selesai memupuk satu hektar,” ujar Rahmad.

Alat-alat inovasi pertanian tersebut terlebih dahulu dikembangkan dan diuji coba di kawasan Agro Tech Center Petrokimia Gresik yang juga terdapat lahan untuk menanam berbagai jenis tanaman.

Rahmad pun berencana mengimplementasikan hasil-hasil inovasi Petrokimia Gresik yang telah dikembangkan dan diuji coba di Agro Tech Center kepada anak perusahaan lainnya termasuk terhadap Pupuk Indonesia.

“Saya rasa ini kontribusi Petrokimia Gresik untuk pertanian Indonesia yang dari waktu ke waktu semakin meningkat dan semakin bagus. Kontribusi Petrokimia Gresik untuk masyarakat sekitar dari waktu ke waktu juga meningkat,” katanya.

Baca juga: Petrokimia Gresik catatkan kinerja baik di usia 52 tahun
Baca juga: Bapanas dorong ketersediaan pupuk subsidi demi produktivitas pertanian
Baca juga: Pupuk Indonesia berharap ada penyederhanaan penagihan pupuk subsidi

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024