Makassar (ANTARA) - Fakultas Vokasi Universitas Hasanuddin berkolaborasi bersama Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) menjadi tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade Vokasi Indonesia (OliVIa)  IX 2024.

Ketua Panitia OliVIa IX 2024 Dr Agustina Abdullah IPM ASEAN Eng dalam keterangannya di Makassar, Jumat, menyebutkan bahwa acara yang diselenggarakan selama dua hari tanggal 18-19 Juli  ini diikuti oleh 1.880 peserta dari 648 tim yang berasal dari 61 perguruan tinggi di 16 provinsi.

Dari babak penyisihan, 144 tim dari 32 perguruan tinggi vokasi di seluruh Indonesia berhasil lolos ke babak final. Finalis bersama pendamping lomba yang hadir berjumlah sekitar 550 orang.

Universitas Brawijaya mengirimkan peserta terbanyak, yaitu 72 orang, diikuti oleh UNS, IPB, ITS, Universitas Padjadjaran, Universitas Negeri Malang, Universitas Surabaya, dan Politeknik Batam," katanya.

Dekan Fakultas Vokasi Unhas Prof Dr Muh Restu, MP, menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Fakultas Vokasi Unhas sebagai tuan rumah, terutama mengingat usia fakultas yang baru dua tahun.

Dirinya berharap kegiatan ini tidak hanya menjadi wadah pengembangan diri tetapi juga mempererat silaturahmi antarmahasiswa vokasi se-Indonesia, sehingga terbentuk jejaring atau koneksi yang positif dan jangka panjang.

Dengan tema "Inspiring the Future through Empowering Innovative Human Resources and Digital-Based Entrepreneurship," OliVIa IX 2024 mengangkat isu inovasi teknologi dan kewirausahaan.

Tema ini bertujuan mengumpulkan ide-ide kreatif dan inovatif, serta membangun sumber daya manusia yang inovatif dan berjiwa kewirausahaan. Inovasi teknologi dianggap penting di era digitalisasi saat ini, sementara kewirausahaan krusial di tengah persaingan pencarian tenaga kerja.

Baca juga: Kemendikbud promosikan capaian pendidikan vokasi lewat Vokasifest2024

Sementara Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof drg Muhammad Ruslin, MKes PhD Sp.BM(K), menegaskan bahwa semangat kompetisi ini diharapkan mampu mendorong mahasiswa vokasi untuk terus berinovasi dan berkolaborasi demi masa depan yang lebih baik.

Prof Ruslin juga menyampaikan harapan agar OliVIa IX 2024 dapat menjadi tempat bertukar ide dan pengalaman yang dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi peserta.

Dengan dukungan dari berbagai pihak, termasuk pimpinan universitas dan fakultas, Prof. Ruslin optimis bahwa OliVIa IX 2024 akan berjalan dengan sukses dan memberikan dampak positif bagi pengembangan pendidikan vokasi di Indonesia.

Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) sebagai wadah forum pendidikan tinggi vokasi, memiliki agenda rutin tahunan berupa kompetisi ilmiah mahasiswa antar perguruan tinggi vokasi se-Indonesia.

Kegiatan ini memiliki tujuan untuk membangun semangat kompetitif antara mahasiswa vokasi se-Indonesia, dengan berlandaskan pada prinsip-prinsip kompetisi, seperti sportivitas, profesionalitas, dan transparansi.

Baca juga: Menaker: BLK Batam upaya wujudkan SDM berkualitas sesuai pasar kerja
Baca juga: Kemnaker bersinergi dukung pengelolaan Sistem Informasi Pasar Kerja

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024