Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Kamis (18/7) kemarin menjadi sorotan, mulai dari Presiden RI Joko Widodo menerima penghargaan sipil tertinggi Order of Zayed hingga melantik wakil menteri.

Berikut rangkuman berita politik yang masih layak dibaca untuk informasi pagi ini.

1. Jokowi terima penghargaan Order of Zayed dari Presiden MBZ

Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kenegaraannya ke Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab (PEA), Rabu (17/7), menerima penghargaan sipil tertinggi Order of Zayed dari Presiden PEA Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ).

Berdasarkan keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis dini hari, penyerahan dilakukan langsung oleh Presiden MBZ kepada Presiden Jokowi saat keduanya bertemu bilateral di Qasr Al Watan.

Selengkapnya klik di sini.

2. Presiden Jokowi lantik Thomas Djiwandono sebagai Wamenkeu II

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Bendahara Umum Partai Gerindra Thomas Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan II di Istana Negara, Jakarta,
Kamis.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 45 M Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Selengkapnya klik di sini.

3. Golkar keluarkan SK dukung Paslon maju pilkada di 10 provinsi

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar mengeluarkan surat keputusan (SK) untuk mendukung 10 pasangan calon(Paslon) gubernur-calon wakil gubernur maju Pilkada 2024 di 10 provinsi.

Selengkapnya klik di sini.

4. Bawaslu ingatkan KPU ikuti putusan MA agar hemat anggaran

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja mengingatkan kepada KPU RI untuk mengikuti putusan Mahkamah Agung (MA) agar menghemat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Hal itu disampaikan Bagja pada Pernas XII JPPR yang bertajuk Navigasi Masyarakat Sipil Menghadapi Krisis Demokrasi di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya klik di sini.

5. PKS resmi usung Khofifah-Emil untuk Pilkada Jatim 2024

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi merekomendasikan dan mengusung pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2024.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengatakan bahwa pemberian surat keputusan kepada pasangan tersebut berdasarkan rapat partai pada tanggal 4 Juli 2024. Keputusan itu karena PKS menilai pasangan petahana itu mempunyai kinerja baik di daerah tersebut.

"Mudah-mudahan ini ikhtiar menuju kemenangan di pilkada serentak," kata Ahmad Syaikhu usai menggelar seremoni penyerahan dukungan kepada pasangan Khofifah-Emil di Kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024