London (ANTARA News) - Arsenal dan Manchester City terus menempel ketat tim pemuncak klasemen Chelsea, setelah John Terry mencetak gol kemenangan menjelang pertandingan berakhir saat Si Biru menjamu Everton yang menjaga posisi timnya tetap memimpin klasemen Liga Utama Inggris pada Sabtu.

Kemenangan Chelsea sesaat membawa mereka unggul empat angka di puncak klasemen, namun Arsenal segera memangkas jarak menjadi satu angka berkat keberhasilan mereka menaklukkan Sunderland dengan skor 4-1 dan City tetap terpaut tiga angka dengan satu pertandingan belum dimainkan setelah mengalahkan Stoke City 1-0.

Arsenal dipaksa tunduk 0-2 oleh Bayern Munich di Liga Champions pada Rabu, dan mereka bereaksi dengan sempurna saat menghempaskan tim peringkat ketiga dari bawah Sunderland di Stadion Emirates.

Dibangkucadangkan saat melawan Bayern, Olivier Giroud merestorasi tempatnya di tim inti untuk menghadapi Sunderland, dan pemain Prancis ini meresponnya dengan sepasang gol pada 31 menit pertama.

Mantan pemain Montpellier ini juga memainkan peran pada pergerakan gemilang yang membuat Tomas Rosicky dapat mencetak gol ketiga Arsenal sebelum turun minum, di mana Laurent koscielny menanduk gol keempat pada menit ke-57.

Emmanuele Giaccherini mencetak satu-satunya gol hiburan bagi pasukan Gus Poyet, yang akan menghadapi City di akhir pekan mendatang pada final Piala Liga.

"Setelah bermain untuk kurun waktu yang lama dengan 10 pemain di pertandingan sulit pada tengah pekan melawan Bayern Munich, merupakan hal bagus untuk meraih kemenangan pada hari ini," kata pelatih Arsenal Arsene Wenger.

"Kami masih berada di sini di klasemen. Ini tergantung pada konsistensi dan penampilan-penampilan kami."

City juga mengalami kekecewaan di Liga Champions pada tengah pekan, takluk 0-2 oleh tamunya Barcelona, dan kembalinya mereka ke jalur kemenangan tidak semulus yang dialami Arsenal.

Pasukan Manuel Pellegrini mengalami masalah di lini depan saat melawan Stoke di Stadion Etihad, dan terdapat rasa lega ketika Yaya Toure memecahkan kebuntuan dari umpan tarik Aleksandar Kolarov pada menit ke-70.

"Mereka bertahan dengan 10 pemain di kotak penalti mereka," kata pelatih City Pellegrini.

"Saya pikir kami mengendalikan permainan dan hanya masalah waktu sebelum kami dapat mencetak gol."

Gol kemenangan

Sebelumnya, gol kemenangan menjelang pertandingan usai yang dibukukan Terry membuat Chelsea dapat menggenggam posisi pemuncak klasemen saat mereka menang 1-0 atas Everton di Stamford Bridge.

Dengan kiper Everton Tim Howard yang tampil gemilang, Chelsea terlihat akan kehilangan angka sampai Terry menandai kembalinya ia ke tim setelah absen tiga pertandingan dengan meneruskan tendangan bebas Frank Lampard pada menit ke-93.

"Ketika Anda mencetak gol pada sekitar menit ke-90, Anda dapat berbicara mengenai keberuntungan, namun realitasnya adalah para pemain mengejar hal itu," kata pelatih Chelsea Jose Mourinho.

"Saya turut berduka untuk Everton sebab satu angka akan menjadi hasil yang adil, namun kami merupakan tim yang berusaha menang, itu merupakan tanggung jawab kami."

Gol Terry merupakan hantaman pahit bagi tim Everton, yang menyia-nyiakan peluang untuk menjaga jarak empat angka yang saat ini memisahkan mereka dengan tim peringkat keempat Liverpool.

Manchester United memanfaatkan kondisi itu dengan mencuri peringkat keenam - unggul selisih gol atas Everton, yang masih memiliki satu pertandingan yang belum dimainkan - dengan kemenangan 2-0 di markas Crystal Palace.

Robin van Persie membuka kemenangan timnya di Selhurst Park melalui eksekusi penalti pada menit ke-62, setelah Marouane Chamakh melanggar Patrice Evra di kotak terlarang.

Wayne Rooney menggandakan keunggulan United enam menit kemudian, merayakan kontrak barunya yang berdurasi lima tahun dan menandai penampilan liga ke-300nya untuk klub itu dengan melepaskan sepakan setengah voli menuju sudut kanan atas gawang.

"Mendapatkan gol pertama selalu krusial. Itu sulit didapatkan, namun kami merasa kami layak mendapatkannya, itulah cara kami bermain," kata pelatih United David Moyes kepada Sky Sports.

Mengenai gol Rooney, Moyes menambahi, "Penyelesaiannya begitu bagus kan? Itu terlihat sangat khas Wayne - tidak ada waktu untuk berpikir, menarik pemicu, dan dor, itu masuk ke dalam gawang."

Sementara itu, Felix Magath melihat kemenangan lepas dari genggamannya pada pertandingan pertamanya sebagai pelatih Fulham setelah timnya bermain imbang 1-1 di markas West Bromwich Albion.

Fulham berada di jalur untuk meninggalkan dasar klasemen berkat gol Ashkan Dejagah pada menit ke-28, namun Matej Vydra dapat menyamakan kedudukan pada menit ke-86 melalui tembakan yang melewati Maarten Stekelenburg.

"Kami kecewa, namun dari keseluruhan permainan, hasil 1-1 merupakan hasil yang tepat," kata Magath, yang menggantikan Rene Meulensteen sebagai pelatih pada pekan lalu.

Gol Vydra membuat Cardiff City tetap menghuni peringkat kedua dari bawah setelah mereka ditaklukkan 0-4 oleh tamunya Hull City, yang mengamankan kemenangan melalui sepasang gol Nikica Jelavic dan gol-gol dari Tom Huddlestone dan Jake Livermore.

Hull sekarang unggul enam angka di atas zona degradasi dan West Ham United berada di peringkat ke-10 setelah gol-gol dari Matt Jarvis, Carlton Cole, dan Kevin Nolan memastikan kemenangan 3-1 atas tamunya Southampton.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014