Jakarta (ANTARA) - Tim peringkat delapan klasemen akhir IBL Borneo Hornbills memberikan kejutan sekaligus membuat sejarah dengan mengalahkan pemuncak klasemen Dewa United Banten 90-76 dalam Game 1 Playoff putaran pertama IBL di GOR Laga Tangkas Bogor, Kamis (18/7) malam.

"Ini pertandingan yang besar bagi kami. Kami tahu kami peringkat kedelapan, tapi kami percaya pada kemampuan kami bahwa kami bisa melakukan apa pun, meski lawan kami tim peringkat teratas," kata Akeem Scott seperti dikutip dari laman IBL.

Borneo membuat kejutan sejak babak pertama di mana tidak ada yang menyangka tim asal Kalimantan tersebut bisa menahan imbang Dewa United dengan skor 45-45 di babak pertama.

Pada kuarter ketiga, mereka langsung melaju dengan skor 11-0, membuat Dewa United kesulitan mencetak poin. Meskipun Dewa United sempat mengejar, Borneo tetap unggul 65-59 di akhir kuarter ketiga.

Pada kuarter keempat, Borneo kembali menunjukkan dominasinya dengan memimpin 10-2 dalam dua menit pertama, memberikan keunggulan 75-61. Akeem Scott memborong 7 poin dari laju cepat Borneo di awal kuarter keempat.

Baca juga: Borneo siap tantang Dewa United di playoff IBL 2024

Meskipun Dewa United mencoba strategi baru dengan memasukkan Jordan Adams, Borneo tetap berhasil mempertahankan keunggulan mereka hingga akhir pertandingan.

Michael Qualls memimpin Borneo dengan torehan 21 poin, 11 assist, dan 8 rebound. Jamarr Andre Johnson mencetak 18 poin dalam permainan 25 menit, Akeem Scott menambah 17 poin dari bangku cadangan, dan Steve Taylor Jr. menyumbang 15 poin.

Di pihak Dewa United, Gelvis Solano Paulino mencetak 30 poin dengan akurasi 10 dari 19 tembakan. Tavario Miller menambah 14 poin, sementara Jordan Adams terjebak dengan pertahanan rapat Borneo dan hanya mencetak 11 poin. Lester Prosper mencetak double-double dengan 10 poin dan 14 rebound.

Game 2 akan berlangsung di Dewa United Arena Tangerang Banten. Akeem Scott mengungkapkan kesiapan timnya untuk menghadapi semua kemungkinan, termasuk jika seri ini harus ditentukan lewat Game 3.

Baca juga: Pelita Jaya menang telak atas Bali United di Playoff IBL 2024
Baca juga: Taklukkan Kesatria 98-68, Satria Muda melaju ke semifinal IBL 2024

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024