Batam (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mempersiapkan rute pelayaran baru, Bintan Betani Telani (BBT) - Desaru Johor Bahru, sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisman.

Kepala Dispar Kepri Guntur Sakti di Batam, Kamis mengatakan saat ini terdapat tiga pintu masuk utama untuk jalur pelayaran dari Johor Bahru, yaitu Kota Batam (Pelabuhan Internasional Batam Center dan Habour Bay), Kota Tanjungpinang (Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura dan Pasir Gudang), serta Kabupaten Karimun.

"Hari ini eksisting jalur pelayaran dari Johor ke Kepri, melalui 3 pintu masuk utama. Dalam waktu dekat kita akan membuka lagi jalur pelayaran baru antara Bintan , khususnya BBT, apakah nanti dengan Desaru atau dengan pelabuhan lainnya," ujar Guntur.

Ia menjelaskan jumlah kunjungan wisman asal Malaysia menduduki urutan kedua tertinggi setelah Singapura yang melakukan perjalanan ke Provinsi Kepri.

"Kunjungan wisman Malaysia sampai bulan Mei memang kita belum dapat banyak. Tapi Malaysia sudah menempati posisi kedua setelah Singapura, angkanya 25.370 orang," kata dia.

Menurut Guntur, dengan melakukan upaya melalui kerja sama antara Kepri dan Johor Bahru, maka dapat memberikan efek kepariwisataan yang baik serta kolaborasi dalam mendukung peningkatan kunjungan wisman.

"Mudah-mudahan dengan bulan yang tersisa kita akan mengumpulkan banyak lagi dari Malaysia khususnya Johor Bahru yang merupakan border terdekat setelah Singapura," kata dia.

Dengan begitu Guntur berharap dengan adanya kolaborasi dan kerja sama dapat meningkatkan kunjungan wisman Johor, sehingga kerja sama dalam perlakuan khusus di perbatasan atau spesial border treatment dapat dilaksanakan dalam berbagai bidang, baik itu pariwisata perdagangan (trade tourism) dan investasi.

Konjen RI Johor Bahru Sigit Suryantoro Widiyanto menyampaikan dengan aksi kolaborasi yang dilakukan antara Kepri dan Johor Bahru dalam mempromosikan potensi kepariwisataan di masing-masing negara, hal tersebut dinilai sangat mendukung peningkatan hubungan antar perorangan.

"Karena dari sejarah, segi budaya memang dekat. Bukan itu saja, tapi bagaimana wisman yang datang ke Johor meningkat. Wisman yang datang ke Batam juga meningkat," kata Guntur.

Ia menyebutkan tersedia banyak kesempatan bagi Kepri untuk melakukan promosi pariwisata di Johor Bahru, agar semakin banyak menarik minat kunjungan wisman.

"Insya Allah Agustus nanti Kepri akan ikut Matta Fair di Johor. Ini bentuk bahwa kita saling mendukung. Kami akan terus berupaya dalam meningkatkan pariwisata," ujar dia.

Baca juga: Dispar Kepri: KSM Batam miliki semangat satukan budaya melayu serumpun
Baca juga: Pemprov Kepri siapkan Batam-Bintan jadi destinasi MICE di Indonesia
Baca juga: BP Batam: Menko Perekonomian setujui KEK Pariwisata Kesehatan

 

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024