Semarang (ANTARA) -
Direktur Pengelolaan Dukungan Pemerintah dan Pembiayaan Infrastruktur Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Brahmantio Isdijoso mengatakan sebanyak tujuh konsorsium mengajukan prakarsa untuk masuk ke skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) membangun perumahan ASN di Ibu Kota Nusantara (IKN).
 
"Sudah ada tujuh pemrakarsa yang mengajukan prakarsa untuk masuk ke skema KPBU. Tujuh konsorsium maju sebagai pemrakarsa untuk perumahan ASN itu ya. Terus ada satu untuk pendidikan. Nah ke depannya mau ada lagi untuk transportasi terus apalagi ya," kata Brahmantio dalam kegiatan Press Tour Proyek KPBU Semarang Barat di Semarang, Jawa Tengah, Kamis.
 
Ia menuturkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mendorong skema KPBU dalam penyediaan infrastruktur di IKN seperti dengan memberikan Fasilitas Penyiapan Proyek atau Project Development Facility (PDF) dan fasilitas penjaminan yang dibutuhkan supaya transaksinya bisa berjalan dengan baik.
 
"Paling tidak best practice (KPBU) yang ada di Semarang Barat minimal bisa direplikasi di sana," tuturnya.
 
Ia juga mengatakan Menteri Keuangan Sri Mulyani sudah memberikan dua macam fasilitas, yakni fasilitas pendukung penerapan skema pembiayaan sehingga siap menerima investor, dan fasilitas proyek-proyeknya.

Sedangkan yang menjadi Penanggung Jawab Proyek Kerjasama (PJPK) KPBU IKN nantinya adalah Kepala Otorita IKN.
 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024