Total perkiraan nilai fasilitas PDF sebesar Rp146,7 miliar dalam rangka menarik investasi swasta yang totalnya diperkirakan sebesar Rp3,8 triliun
Jakarta (ANTARA) -
Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan fasilitas Project Development Facility (PDF) sekitar Rp146,7 miliar untuk membantu penyiapan tiga Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).
 
Tiga proyek KPBU SPAM tersebut adalah Proyek KPBU SPAM Regional Jatigede, Proyek KPBU Kabupaten Kabanjahe, dan Proyek KPBU SPAM Kota Denpasar.
 
"Total perkiraan nilai fasilitas PDF sebesar Rp146,7 miliar dalam rangka menarik investasi swasta yang totalnya diperkirakan sebesar Rp3,8 triliun," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu Ubaidi Socheh Hamidi dalam kegiatan Press Tour Proyek KPBU Semarang Barat di Semarang, Jawa Tengah, Kamis.
 
Fokus fasilitas PDF ketiga proyek SPAM tersebut tidak hanya penyiapan di sisi hulu melainkan juga mencakup sampai ke sisi hilir.
 
"Ketiga proyek SPAM ini diestimasi dapat menambah kontribusi capaian sambungan rumah (SR) sebesar 191.000 SR," ujarnya.
 
Fasilitas Penyiapan Proyek atau Project Development Facility (PDF) adalah fasilitas yang disediakan oleh Kementerian Keuangan untuk membantu penanggung jawab proyek kerjasama (PJPK) menyusun kajian akhir prastudi kelayakan, dokumen lelang, dan mendampingi PJPK dalam transaksi proyek KPBU hingga memperoleh pembiayaan dari lembaga pembiayaan (financial close).

Baca juga: Kemenkeu bantu realisasikan empat proyek KPBU SPAM Rp4,6 triliun
Baca juga: Menteri PUPR: Skema KPBU kunci utama wujudkan air bersih Jakarta 2030
Baca juga: Anggota DPR dorong investasi penyediaan air minum dengan skema KPBU

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024