Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima kunjungan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal bin Abdullah H. Amodi di Jakarta, Kamis dan keduanya sepakat meningkatkan kerja sama pertahanan, khususnya terkait pendidikan perwira dan latihan militer.

Dalam pertemuan yang berlangsung tertutup di Ruang Kerja Menhan RI itu, dua negara sepakat untuk menambah jumlah personel militer yang mengikuti pendidikan, kursus, dan latihan bersama di Indonesia.

Baca juga: Prabowo lanjut melawat ke Arab Saudi bertemu Putra Mahkota MBS

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kemhan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha saat dihubungi di Jakarta, Kamis, menjelaskan kerja sama itu menjadi perhatian bersama Indonesia dan Arab Saudi karena diyakini dapat memperkuat hubungan dua negara ke depan.

Menhan Prabowo, dalam pertemuan itu juga menyampaikan harapannya agar dua negara tersebut dapat meningkatkan kerja sama bidang industri pertahanan.

“Saya mengapresiasi upaya Arab Saudi dalam meningkatkan kerja sama di bidang industri pertahanan. Saya berharap Kementerian Pertahanan Arab Saudi dapat terus bekerja sama dengan Indonesia khususnya di bidang industri pertahanan dan dapat memperkuat hubungan kedua negara,” kata Prabowo ke Dubes Amodi.

Dalam pertemuan yang sama, Dubes Arab Saudi juga mengantarkan surat undangan dari pemimpin negaranya untuk Menhan Prabowo yang juga Presiden Terpilih periode 2024–2029.

Dalam surat itu, Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS), yang juga menjabat Perdana Menteri, mengundang Prabowo berkunjung ke Arab Saudi.

Menhan Prabowo bulan lalu (12/6) melawat ke Arab Saudi dan bertemu dengan Pangeran MBS di Jeddah, Arab Saudi. Prabowo berkunjung ke Arab Saudi setelah menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Gaza di Jordania.

Dalam pertemuannya dengan MBS di Jeddah bulan lalu, Prabowo menyoroti isu Palestina. “Saya telah menyaksikan keteguhan Yang Mulia dalam menegaskan kepemimpinan Arab Saudi di kawasan dan sekitarnya, termasuk dalam mempromosikan perdamaian dan stabilitas untuk saudara-saudara di Palestina. Isu Palestina sangat dekat dengan hati kita,” kata Prabowo ke MBS dalam pertemuan itu.

Prabowo melanjutkan dia juga yakin MBS dapat mengambil peran lebih besar dalam membela keadilan dan kemanusiaan untuk rakyat Palestina di Gaza.

Baca juga: Prabowo dan Raja Jordania bahas rencana kirim bantuan ke Tepi Barat
Baca juga: Di KTT terkait Gaza, Prabowo sebut RI siap evakuasi dan bangun RS
Baca juga: Menhan dan PM Papua Nugini bahas kelanjutan kerja sama dua negara

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024