Kementerian ESDM menyediakan hadiah total Rp88 juta untuk empat kategori lomba
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali menggelar Lomba Karya Jurnalistik dan Fotografi Tahun 2024, yang merupakan bagian dari kategori Penghargaan Subroto Bidang Wartawan Energi.

Dalam rilis Kementerian ESDM yang dikutip di Jakarta, Kamis, disebutkan Penghargaan Subroto Bidang Wartawan Energi diberikan kepada para jurnalis media cetak, online, dan fotografer yang telah menyebarluaskan karyanya dalam media massa serta memberitakan capaian dan pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan Kementerian ESDM dalam menyediakan energi secara merata dengan harga terjangkau bagi seluruh rakyat Indonesia.

Lomba yang kali ini bertema "Energi Punya Semua" itu terbagi menjadi dua bagian yakni Karya Jurnalistik dan Fotografi.

Untuk Lomba Karya Jurnalistik, diperuntukkan bagi jurnalis sebagai apresiasi karya jurnalistik sektor ESDM.

Lomba dibagi menjadi kategori Hard News dan Feature yang sudah dipublikasikan melalui media massa baik cetak maupun online terkait subsektor minyak dan gas bumi; mineral dan batu bara; ketenagalistrikan; geologi; atau energi baru, terbarukan, dan konservasi energi.

Karya yang didaftarkan harus sudah tayang di media cetak ataupun elektronik dalam kurun waktu 1 September 2023 sampai 17 Agustus 2024 dengan pendaftaran karya paling lambat diterima pada 17 Agustus 2024 hingga pukul 23.59 WIB. Adapun hadiah bagi pemenang masing-masing kategori Hard News maupun Feature adalah juara I Rp10 juta, juara II Rp7 juta, dan juara III Rp5 juta.

Sedangkan, untuk kategori Lomba Fotografi, diperuntukkan bagi masyarakat umum. Kompetisi fotografi merupakan apresiasi dari Kementerian ESDM kepada masyarakat umum yang telah memublikasikan dan mendokumentasikan kebijakan di sektor ESDM melalui media foto. Melalui tema "Energi Punya Semua" diharapkan para peserta dapat memvisualkan kebijakan-kebijakan Kementerian ESDM dalam mengelola sektor energi di tanah air melalui bingkai fotografi.

Ada dua kategori lomba yang dapat diikuti, yakni Fotografi dan Fotografi Aerial dengan hadiah bagi pemenang masing-masing kategori adalah juara I Rp10 juta, juara II Rp7 juta, dan juara III Rp5 juta.

Kurun waktu pengambilan foto pada periode 1 September 2023 sampai 17 Agustus 2024 dengan batas akhir pendaftaran dan pengiriman karya foto pada 17 Agustus 2023 pukul 23.59 WIB.

Kementerian ESDM menyediakan hadiah total Rp88 juta untuk empat kategori lomba.

Informasi lengkap terkait lomba dapat diakses di situs. Sedangkan, pendaftaran dapat dilakukan melalui bit.ly/wartawanenergi2024.

Baca juga: Kementerian ESDM berkomitmen dukung pemenuhan gas untuk industri pupuk
Baca juga: Menteri ESDM sebut belum ada pembatasan BBM subsidi di 17 Agustus
Baca juga: Kementerian ESDM susun RPP Keselamatan Migas

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024