Kendaraan bermotor adalah satu pendapatan tersendiri yang berkontribusi dalam pendapatan daerah
Tangerang (ANTARA) - Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan gelaran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 dapat meningkatkan daya beli masyarakat untuk kendaraan bermotor, sehingga target pendapatan daerah terpenuhi.

Al Muktabar mengatakan pendapatan daerah yang dimaksud bersumber dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

"Kendaraan bermotor adalah satu pendapatan tersendiri yang berkontribusi dalam pendapatan daerah, yang terbesar dari PKB dan BBNKB. Pameran ini diharapkan akan mendorong komponen pendapatan khususnya di Provinsi Banten dengan terjual kendaraan baru dan diharapkan sebagian besar beroperasi di Provinsi Banten," kata dia di Tangerang, Kamis.

Selain itu Al Muktabar mengatakan dengan diselenggarakannya GIIAS, dapat mendukung dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Provinsi Banten dan nasional.

Perekonomian sekitar lokasi pameran, khususnya UMKM dan hunian hotel di kawasan Banten turut menggeliat dengan aktivitas pameran otomotif tersebut.

"Kami mengapresiasi atas kegiatan berskala internasional yang diinisiasi oleh GAIKINDO terkait pameran industri otomotif yang diselenggarakan di Provinsi Banten," ujar Al Muktabar.

Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin membuka acara GIIAS 2024, dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita hadir dalam acara tersebut.

Pada tahun ini, terdapat 55 jenama ikut serta dalam meramaikan pameran GIIAS. Sebanyak 31 jenama berasal dari kendaraan penumpang (roda empat), empat jenama dari segmen komersial dan juga sebanyak 21 datang dari jenama sepeda motor baik konvensional maupun elektrik.

Pameran ini juga akan diramaikan dengan industri pendukung. Pada gelaran yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang, sebanyak 120 jenama industri pendukung untuk kebutuhan otomotif juga ikut meramaikannya.

Pameran GIIAS 2024 berlangsung di ICE BSD Tangerang, mulai 18 sampai dengan 28 Juli 2024.

Baca juga: Antusiasme pengunjung pada hari pertama penyelenggaraan GIIAS 2024
Baca juga: Wapres jajal mobil di pameran GIIAS 2024

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024