Jakarta (ANTARA) - Peserta putri semakin berminat untuk ambil bagian pada turnamen tenis antaralumni ITB Ganesha Cup 2024 yang akan berlangsung di lapangan tenis Hotel Borobudur, Jakarta, 27-28 Juli.

Demikian disampaikan Ketua Panitia Ganesha ITB Cup 2024 Syawalianto Rahmaputro pada konferensi pers yang berlangsung di Jakarta, Kamis malam.

“Jika dibandingkan penyelenggaraan-penyelenggaraan sebelumnya, dulu panitia harus membujuk agar para alumni putri mau berpartisipasi. Tapi sekarang berebut mendaftar juga alumni putri itu. Jadi ada sekitar 40-an petenis putri yang akan mengikuti turnamen ini,” kata Syawalianto.

Untuk pendaftaran peserta, panitia tidak menerapkan sistem penyaringan tertentu, hanya menyesuaikan ketersediaan lapangan serta usia yang harus memenuhi kategori-kategori yang ada.

Sebagai upaya untuk menyemarakkan suasana, panitia pelaksana turnamen sempat berkeinginan untuk mengajak petenis nasional Aldila Sutjiadi untuk memainkan pertandingan ekshibisi di Ganesha ITB Cup 2024. Namun karena Aldila saat ini sedang berada di Amerika Serikat untuk persiapan mengikuti US Open, maka rencana tersebut urung terwujud.

Sementara itu Ketua Pengurus Pusat Ikatan Alumni ITB Gembong Primadjaja menyebut bahwa total peserta pada turnamen tenis Ganesha ITB Cup 2024 berjumlah 250 orang.

Para peserta akan dibagi ke dalam tujuh divisi Master, yakni ganda Kelompok Umur (KU) bebas, ganda KU 80, ganda KU 90, ganda KU 100, ganda KU 110, ganda KU 120, ganda putri, serta dua divisi Challengers yakni ganda KU bebas, dan ganda putri.

Sebagaimana pada turnamen-turnamen tenis rekreasional lainnya, penerapan kelompok umur dimaksudkan sebagai usia total dari kedua petenis yang bermain di nomor ganda. Maka Kelompok Umur 80 berarti usia total kedua petenis yang akan bermain minimal adalah 80 tahun.

Gembong kemudian menjelaskan bahwa turnamen yang sudah memasuki tahun ke-14 penyelenggaraan itu merupakan wadah silaturahmi antaralumni ITB, serta untuk mendorong gaya hidup sehat di kalangan alumni civitas akademik tersebut.

“Diharapkan melalui Ganesha ITB Cup 2024 ini, para alumni selain bersilaturahmi, kemudian sehat, untuk dapat berbakti kepada bangsa dan negara,” pungkas Gembong.

Baca juga: Menpora yakin Nurdin Halid angkat prestasi tenis di kancah dunia
Baca juga: KONI harapkan liga tenis Pelti cetak atlet berprestasi ke level global
Baca juga: 200 petenis dari 12 negara ikuti ajang ATF 14/16 Asian Series Jakarta


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024