Beijing (ANTARA) - China melakukan persiapan untuk mendukung penerapan skala besar Sistem Satelit Navigasi BeiDou, dengan rencana untuk menunjuk sejumlah kota percontohan yang akan mendemonstrasikan berbagai skenario penerapan BeiDou di bidang konsumsi massal, sektor manufaktur, dan sektor-sektor yang sedang berkembang seperti internet industri dan kecerdasan buatan, menurut pengumuman yang dirilis Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China.

Menurut pengumuman tersebut, penerapan skala besar Beidou kini telah memasuki tahap penting dalam hal pemasaran, industrialisasi, dan internasionalisasi.

Guna memungkinkan pemberdayaan BeiDou di berbagai industri, China akan memperluas dukungan untuk mengembangkan perusahaan-perusahaan terkemuka, meningkatkan kualitas produk, mempromosikan penerapan BeiDou, dan membangun ekosistem industri yang kuat, ungkap pengumuman tersebut.

Pengumuman itu juga menguraikan bahwa proyek-proyek percontohan itu akan berfokus pada tiga bidang, yakni konsumsi massal, manufaktur, dan inovasi terintegrasi.

Pada bidang konsumsi massal, kota-kota percontohan itu akan berfokus pada bidang-bidang seperti ponsel pintar, perangkat wearable (yang dapat dikenakan), komputer tablet, alat transportasi sewaan, dan kendaraan udara nirawak ketinggian rendah. Perusahaan-perusahaan juga akan didorong untuk mengembangkan dan memproduksi produk-produk BeiDou sehingga akan terus meningkatkan kapasitas pasokan produk-produk ini.

Pada bidang manufaktur industri, kota-kota percontohan itu akan mempercepat penerapan BeiDou pada sejumlah sektor utama seperti mobil, kapal, pesawat terbang, dan robot, menurut pengumuman tersebut.

Pemerintah daerah diminta untuk mendorong pembangunan platform yang terkait dengan internet kendaraan (internet of vehicle/IoV) dan jaringan pintar (intelligent network/IN) serta memperluas proporsi kendaraan penumpang dan komersial yang dilengkapi dengan sistem BeiDou.

Sementara itu, pada bidang inovasi terintegrasi, skenario-skenario baru untuk penerapan "BeiDou Plus" masih akan dijajaki. Penerapan inovatif dari sistem BeiDou dalam industri-industri emerging industry seperti IoV, internet of things (IoT), internet industri, dan AI akan terus ditingkatkan.

Hal itu akan memfasilitasi integrasi mendalam dari penerapan BeiDou dalam berbagai skenario baru seperti kota pintar, transportasi pintar, logistik pintar, maritim pintar, dan pertanian presisi, demikian menurut pengumuman tersebut.

Penerjemah: Xinhua
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024