Jakarta (ANTARA) - PT Pos Indonesia, perusahaan logistik milik negara yang telah beroperasi selama 277 tahun meluncurkan pusat edukasi dan literasi digital bernama PosAja! UMKM & UMKM Centre dalam gelaran "PosAja! UMKM Fest 2024" di Pos Bloc Surabaya, Rabu (17/7) dan mengundang e-commerce Shopee sebagai salah satu pemateri di acara tersebut.
 
Pusat edukasi dan literasi digital yang diperuntukkan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) tersebut dihadirkan oleh PT Pos Indonesia (Persero) guna mendorong lebih banyak UMKM di Indonesia masuk ke dalam ekosistem digital dan naik kelas.
 
“Wadah seperti UMKM Centre ini diharapkan dapat mengejar target UMKM yang bisa go digital dan mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia," kata Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia Tonggo Marbun saat dihubungi ANTARA, Kamis.
 
"UMKM berperan besar dalam penyerapan tenaga kerja, di mana 99 persen kegiatan bisnis di Indonesia dilakukan oleh UMKM, ini potensi besar bagi UMKM untuk dikembangkan terlebih secara digital,” sambungnya.
 
Lebih lanjut, Tonggo menjelaskan bahwa acara yang diikuti oleh sekitar 300 pelaku UMKM dari seluruh Provinsi Jawa Timur itu bertujuan untuk membantu promosi produk UMKM yang ada di Jawa Timur. Selain itu, acara tersebut juga diharapkan dapat memberi pengetahuan lebih seputar pentingnya adaptasi digital bagi UMKM.
 
“Tidak hanya bazar UMKM Jawa Timur, kami juga menghadirkan workshop UMKM oleh sejumlah pemateri yang ekspert di bidangnya, salah satunya dari e-commerce Shopee," kata Tonggo.
 
Dia menambahkan, "UMKM yang hadir berkesempatan untuk mengetahui strategi sukses jualan di e-commerce dan ekspor produk lokal".
 
"Kami berharap pelaku UMKM dapat memahami bagaimana digitalisasi bisnis UMKM yang bisa didapatkan di festival ini, sehingga para pelaku UMKM dapat naik kelas dan go global," katanya.

Salah satu e-commerce yang secara konsisten terus membawa UMKM lokal mendunia adalah Shopee.
 
Director of Business Partnership Shopee Indonesia Daniel Minardi menyampaikan bahwa Shopee membuka kesempatan bagi UMKM untuk memasarkan produknya hingga ke mancanegara melalui Program Ekspor Shopee.
 
"Shopee berkomitmen untuk menjadi teman dalam setiap perjalanan UMKM di Indonesia. Kami mendukung perkembangan teman-teman UMKM untuk berkembang melalui berbagai program pendukung kita," kata Daniel.
 
"Salah satunya adalah Program Ekspor Shopee yang bisa membawa penjualan produk mereka hingga ke pasar internasional seperti Asia Timur, Asia Tenggara, dan Amerika Latin yang hingga kini sudah ada 26 juta produk UMKM lokal yang terekspor bersama Shopee," lanjutnya.
 
Menurut Daniel, kolaborasi antar institusi, seperti Shopee dan PT Pos Indonesia kali ini penting dalam mendorong akselerasi pertumbuhan UMKM lokal di era digital.
 
"Pos Indonesia menjadi salah satu mitra kami yang membantu UMKM terhubung dengan pelanggan di Indonesia," katanya.
 
"Untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan, Shopee dan Pos Indonesia telah menandatangani perjanjian kerja sama untuk Program Garansi Tepat Waktu beberapa waktu lalu," tutup Daniel.
 
Program Garansi Tepat Waktu menjadi salah satu bentuk komitmen antara Shopee dan PT Pos Indonesia dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Khususnya dalam melayani pengiriman barang yang dilakukan secara tepat waktu dan bergaransi bagi pelanggan.

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024