Terkait dengan penyelesaian proyek strategis nasional (PSN) telah ditetapkan 233 PSN, .....
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melaporkan, pemerintah telah menetapkan 233 proyek strategis nasional dengan nilai investasi mencapai Rp6.246 triliun.

“Terkait dengan penyelesaian proyek strategis nasional (PSN) telah ditetapkan 233 PSN, di mana dari 218 project ini, 15 berupa program dan investasinya total dari 233 project itu (PSN) adalah Rp6.246 triliun dan mempekerjakan 2,71 juta orang,” kata Airlangga dalam Peluncuran Geoportal Kebijakan One Satu Peta 2.0 serta Penyampaian Hasil Capaian PSN dan KEK di Jakarta, Kamis.

Airlangga merinci, PSN tersebut mencakup 56 proyek bendungan irigasi, 48 proyek jalan tol, 27 proyek kawasan industri, pariwisata dan kesehatan, 22 proyek bandara dan pelabuhan, serta 17 proyek di sektor migas.

Baca juga: Komisi C DPRD Surabaya minta studi kelayakan PSN dilakukan detail

Selain itu Airlangga juga melaporkan progres Kawasan Ekonomi Khusus.

Dalam laporannya, ia menyebutkan pemerintah telah menetapkan 22 KEK dengan nilai investasi mencapai Rp206 triliun yang telah membuka lapangan pekerjaan bagi 132.227 orang.

“Salah satu milestone-nya adalah penyelesaian project Freeport Indonesia di Gresik atau hilirisasi, investasinya Rp58 triliun. Itu adalah the single largest investment di satu lokasi dan alhamdulillah diselesaikan secara on time,” ujarnya.

Pada KEK Nongsa Digital Park, Batam, ia juga melaporkan ada 10 pusat data (data center) di mana 9 di antaranya tengah dalam proses pembangunan, dan 1 masih dalam tahap komitmen proyek.

Kemudian di KEK Singhasari, Malang, pemerintah meresmikan pembangunan King's College London (KCL) yang ditargetkan rampung pada Agustus dan mulai beroperasi pada September 2024.

Ia berharap proyek tersebut dapat menjadi salah satu langkah pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Dengan percepatan Kebijakan Satu Peta (One Map Policy) dan penyempurnaan PSN, dan pengembangan KEK, diharapkan pembangunan Indonesia akan lebih cepat 1-2 persen atau lebih tinggi 1-2 persen ke depan,” pungkasnya.

Baca juga: Sandiaga: GBK masuk usulan PSN untuk konser internasional

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan, dari total 233 PSN yang ditetapkan Pemerintah, baru 95 PSN yang sudah beroperasi penuh.

"Jadi total 233 yang sudah beroperasi penuh itu 95, kemudian ada yang selesai 30 proyek sampai Desember (2024) ini. Nah sisanya akan terus (dibangun) di tahun-tahun depan," kata Susiwijono.

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024