Jangan mandul di penegakan hukum padahal regulasinya sudah baik
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan dukungannya terkait pembentukan satuan tugas (Satgas) pemberantasan atau penanggulangan barang-barang impor ilegal yang dibentuk oleh Kementerian Perdagangan.
 
Menperin mengatakan, pihaknya akan melakukan pertemuan dengan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di Kantor Kemendag, Jakarta, pada Jumat (19/7) pada pukul 10.00 WIB.
 
"Saya akan ketemu beliau Pak Mendag, jam 10 saya akan ketemu beliau. Tapi prinsipnya kita mendukung," ujar Menperin Agus ditemui di Jakarta, Kamis.
 
Ia menyampaikan akan melakukan penekanan pada kerja tim tersebut supaya lebih melakukan penegakan hukum terhadap barang impor ilegal yang masuk ke pasar domestik.
 
"Jangan mandul di penegakan hukum padahal regulasinya sudah baik," katanya.
 
Lebih lanjut, Menperin menyampaikan terkait perumusan kerja Satgas tersebut diserahkan kepada Kementerian Perdagangan, dan menegaskan secara penuh mendukung upaya pemberantasan barang impor ilegal untuk melindungi industri dalam negeri.
 
"Kita mendukung, kita harus mendukung karena ini untuk mengembangkan industri," katanya.
 
Kementerian Perdagangan menggandeng Kejaksaan Agung (Kejagung) membentuk satgas yang mengatasi barang impor ilegal.
 
Upaya ini dilakukan sebagai langkah menghalau berbagai barang impor ilegal dari luar negeri, termasuk China.
 
"Kami minta dukungan dari Kejagung membentuk tim, segera melihat ke lapangan. Setelah ditemukan, tentu kami serahkan penegakan hukum ke Kejaksaan, kan kami enggak sanggup, agar kita bisa mengurangi barang masuk ilegal ini untuk melindungi industri," ujar Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.
 

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024