Saya tidak berkampanye untuk gubernur lagi.
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah Sudaryono yang baru saja dilantik sebagai Wakil Menteri Pertanian oleh Presiden RI Joko Widodo pada Kamis menegaskan dirinya tidak akan mencalonkan diri sebagai calon gubernur pada Pilkada Jawa Tengah.

"Tentu dengan penugasan yang baru ini untuk Pilkada Jawa Tengah, saya sudah mendapatkan instruksi untuk tidak maju di Pilkada Jawa Tengah," kata Sudaryono saat ditemui usai pelantikan wakil menteri di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis.

Sudaryono mengaku mendapat instruksi untuk tidak maju pada Pilkada Jawa Tengah setelah ditunjuk sebagai Wakil Menteri Pertanian.

Ia menegaskan akan lebih fokus membantu Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dengan penugasan baru di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Menurut dia, beban tugas sebagai Wakil Menteri Pertanian pun tidaklah ringan sehingga memantapkan diri untuk batal sebagai cagub pada Pilkada Jawa Tengah.

"Beban tugasnya juga enggak ringan begitu sehingga untuk pencalonan gubernur dengan pelantikan ini, saya nyatakan, saya tidak, Partai Gerindra tidak mengusung saya, dan saya tidak berkampanye untuk gubernur lagi," kata Sudaryono.

Saat ditanya kandidat yang pantas untuk maju di Pilkada Jawa Tengah, Sudaryono yang dikenal dengan panggilan Mas Dar, mengatakan bahwa Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan kompak mengusung calon gubernur.

Mas Dar juga menambahkan bahwa keputusan Partai Gerindra maupun KIM untuk memilih nama-nama calon gubernur dan wakil gubernur yang dijagokan dalam Pilgub Jawa Tengah tidak lama lagi.

"Keputusannya seperti apa? Saya kira kita mesti tunggu, ya enggak lama lagilah sebulan lagi sudah keliatan namanya," kata Sudaryono.

Baca juga: Presiden lantik Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian
Baca juga: Wamentan Sudaryono fokus wujudkan kedaulatan pangan selama masa tugas

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024