Jakarta (ANTARA) - Rasulullah telah mengajarkan umatnya untuk berdoa meminta kesembuhan ketika kita sedang sakit, selain berikhtiar melalui jalan medis atau berobat.

Doa merupakan salah satu upaya agar kita bisa segera disembuhkan dari sakit lantaran kadang berobat dan mendapatkan penanganan dari dokter mungkin belum cukup.

Dalam Islam, terdapat beberapa doa untuk sembuh dari penyakit, bahkan dari penyakit parah sekalipun.

Sesungguhnya kesembuhan itu datangnya dari Allah SWT, sehingga dianjurkan untuk selalu berdoa memohon kepada-Nya.

Baca juga: Doa pelunas hutang yang diajarkan Rasulullah 

Nabi Muhammad SAW memiliki doa yang dibaca ketika sedang sakit untuk memohon perlindungan dan diberikan kesembuhan dari penyakit.

Tidak hanya untuk dirinya sendiri, doa ini juga sering Rasulullah bacakan untuk keluarga serta sahabatnya ketika sakit. Berikut bacaannya:


Allahumma rabban nasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syafi. La syafiya illa anta syifa’an la yughadiru saqaman.

Artinya : Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113).

Selain doa tersebut, Rasulullah SAW juga menganjurkan baca doa ini sebanyak 7 kali sembari meletakkan tangan di atas bagian yang sakit, diawali mengucap ‘Basmallah’ sebanyak tiga kali.

Bismillahirrohmanirrohim (3x), A’uudzu bi ‘izzatillahi wa qudratihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru (7x)

Artinya : “Aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya, dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan” (HR. Muslim)

Baca juga: Doa setelah Adzan dan iqomah dalam Arab dan latin

Ketika menjenguk orang sakit, kita dapat mendoakan orang tersebut untuk kesembuhannya. Rasulullah SAW membacakan doa di bawah ini ketika menjenguk sahabatnya:

Syafallahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘aafaaka fii badanika wa jismika ilaa muddati ajalika

Artinya: "Wahai (sebut nama orang yang sakit) semoga Allah menyembuhkan sakitmu, mengampuni dosamu, menyehatkan badanmu dan jasadmu hingga waktu ajalmu."

Jika belum hafal doa-doa tersebut, tidak masalah berdoa dengan bahasa yang mudah dipahami sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman. Allah SWT senantiasa mendengar doa hambanya yang selalu berikhtiar meminta kepada-Nya.

Baca juga: Doa cari jodoh agar dapat pasangan tepat

Baca juga: Kumpulan doa memohon rezeki dan kekayaan


Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2024