Jakarta (ANTARA) - Organisasi Miss Universe Indonesia 2024 memberlakukan dan menjelaskan sejumlah perubahan aturan dalam ajang kontestasi tersebut, mulai dari kualifikasi calon peserta hingga sistem digital khusus untuk memilih peserta.

"Mengenai syarat-syarat, itu sudah ditetapkan oleh Miss Universe Global secara terperinci dan akan kita publikasikan melalui official platform Miss Universe Indonesia," kata Direktur Nasional Miss Universe Indonesia 2024 Teuku Jordan Zacky saat ditemui dalam konferensi pers Miss Universe Indonesia 2024 di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis.

Dia menambahkan, "Tapi untuk usia dan sejumlah persyaratan lainnya, ini ada pembaruan dari Miss Universe Global".

Baca juga: Jordan Zacky resmi jadi direktur nasional Miss Universe Indonesia 2024

Perubahan tersebut adalah dibolehkannya calon peserta mulai dari usia 18 tahun ke atas sampai batasan usia yang tidak ditentukan.

Dalam hal ini, peserta yang telah berusia 30, 40, atau usia lainnya (dengan syarat di atas 18 tahun dan memenuhi kualifikasi lainnya) tetap dapat mengikuti ajang ini.

Tidak hanya itu, ajang ini juga tidak membatasi tinggi badan, status pernikahan, hingga ukuran badan peserta. Oleh sebab itu, Jordan bersama timnya akan memilih para peserta se-objektif mungkin untuk bergabung di dalam Miss Universe Indonesia 2024.

"Tidak ada batasan harus sekian (tingginya), bahkan dibolehkan juga kalau yang ikut itu oversized (memiliki tubuh berisi)," kata Jordan.

"Kita membebaskan para perempuan untuk tidak membatasi skala tersebut, ini waktunya menunjukkan betapa cantiknya perempuan Indonesia," sambungnya.
 
Adapun perubahan persyaratan calon peserta untuk Miss Universe Indonesia 2024 hanya boleh dilakukan oleh Miss Universe Global selaku induk organisasi resmi ajang kecantikan tersebut. Oleh karena itu, Jordan bersama timnya akan mematuhi seluruh persyaratan yang ditetapkan oleh Miss Universe Global.

Selain itu, Jordan juga menjelaskan mengenai pemilihan peserta di ajang tersebut. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, para peserta yang dapat maju sebagai finalis di Miss Universe Indonesia 2024 akan dipilih melalui sistem digital khusus yang akan diinformasikan kembali dalam beberapa waktu ke depan.
 
Nantinya, pemilihan melalui sistem digital tersebut dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia.
 
"Kita ada dukungan dari Zetrix sebagai mitra kami untuk mengadopsi teknologi digital mereka," kata Jordan.
 
"Ini akan menjadi sesuatu yang baru, secara detailnya nanti akan ada di platform official Miss Universe Indonesia 2024," tutupnya.
 
Dalam beberapa waktu ke depan, Jordan dan Organisasi Miss Universe Indonesia 2024 akan membuka periode pendaftaran bagi para peserta yang ingin mengikuti ajang tersebut. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi laman Instagram resmi mereka di @missuniverseindonesia2024.

Baca juga: Direktur Miss Universe Nikaragua mundur akibat tekanan politik

Baca juga: Bali tuan rumah kontes Mister and Miss Teenager Universe 2024

Baca juga: Miss Universe R'Bonney Gabriel akui tidak keramas saat kompetisi

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024