Penghargaan WCA Climate Action Award 2024 yang diterima oleh pabrik Bayah merupakan pengakuan atas upaya berkelanjutan Semen Merah Putih ....
Jakarta (ANTARA) - PT Cemindo Gemilang Tbk, produsen Semen Merah Putih, untuk kedua kali meraih penghargaan kategori Continuing Progress in Climate Actions dari World Cement Association (WCA) pada Mei 2024.

Penghargaan itu merupakan kontribusi signifikan sebagai bukti nyata komitmen mengurangi biaya dan emisi karbon melalui efisiensi energi, penggunaan bahan bakar alternatif, dan penurunan faktor klinker serta praktik keberlanjutan yang telah dilakukan.

"Penghargaan WCA Climate Action Award 2024 yang diterima oleh pabrik Bayah merupakan pengakuan atas upaya berkelanjutan Semen Merah Putih dalam mewujudkan visi keberlanjutannya. Ini juga menjadi motivasi bagi Semen Merah Putih untuk terus berinovasi dan meningkatkan kinerja lingkungannya di masa depan," kata Commercial & Logistic Director Semen Merah Putih Surindro Kalbu Adi dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Cemindo Gemilang pertahankan jajaran komisaris dan direksi

Penghargaan ini menandai langkah penting Semen Merah Putih menuju masa depan yang lebih hijau dan berkomitmen untuk terus berinvestasi dalam teknologi ramah lingkungan, meningkatkan efisiensi operasional, dan menjalin kemitraan demi mencapai tujuan keberlanjutannya.

"Tantangan lingkungan yang dihadapi saat ini sangat kompleks, namun dengan kolaborasi, inovasi, dan komitmen yang kuat, Semen Merah Putih yakin dapat menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan bagi industri semen dan lingkungan hidup," lanjut Surindro.

Semen Merah Putih bertekad mengurangi emisi karbon melalui bahan bakar alternatif, peningkatan efisiensi energi, dan produk ramah lingkungan. Investasi dalam teknologi modern akan meningkatkan efisiensi energi di seluruh operasi pabrik.

"Praktik-praktik berkelanjutan seperti pengelolaan limbah yang bertanggung jawab, penggunaan kendaraan listrik, dan program penghijauan akan terus diterapkan dan ditingkatkan. Kami juga akan terus melibatkan masyarakat sekitar dalam upaya keberlanjutan, termasuk melalui program pemberdayaan masyarakat, pendidikan, dan kesehatan," katanya.

Semen Merah Putih menyadari pentingnya kolaborasi dalam mengatasi tantangan lingkungan. Mereka akan terus bekerja sama dengan pemerintah, organisasi non-pemerintah, dan pihak lain untuk mencari solusi bersama demi keberlanjutan. Melalui berbagai inovasi dan investasi, perusahaan ini berkomitmen untuk berkontribusi signifikan dalam mengurangi jejak karbon industri semen di Indonesia sebagai tanggung jawab korporat dalam membantu Indonesia mencapai target iklim global.

Oza Guswara, GM Sales & Marketing PT Cemindo Gemilang Tbk, menegaskan bahwa Semen Merah Putih berkomitmen menjadi perusahaan global yang mengedepankan inovasi dan keunggulan bahan material bangunan.

Baca juga: Semen Indonesia dan PLN perkuat sinergi menuju industri hijau

Menurutnya, Semen Merah Putih telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan beralih ke sumber energi yang lebih berkelanjutan. Langkah ini diharapkan dapat mengurangi emisi CO2, sambil mengoptimalkan penggunaan Waste Heat Recovery System (WHRS) untuk menghasilkan energi listrik yang ramah lingkungan.

"Perusahaan juga terus berinovasi dalam pengembangan produk, dengan fokus pada pengurangan penggunaan klinker untuk meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan operasional." kata Oza.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024