Komitmen kami tetap sama untuk terus berkontribusi memajukan masyarakat Indonesia timur, khususnya masyarakat sekitar Kilang Kasim
Sorong, Papua Barat Daya (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU VII Kasim meraih penghargaan Nusantara CSR Award 2024 atas konsistensinya mengampanyekan kesetaraan gender terhadap masyarakat adat Suki Moi Lemas di wilayah operasi Papua Barat Daya.

Area Manager Communication, Relations, CSR, & Compliance RU VII Kasim Ferdy Saputra dalam keterangan yang diterima di Sorong, Papua Barat Daya, Kamis, mengatakan penghargaan tersebut sebagai apresiasi atas kepedulian Kilang Kasim terhadap masyarakat adat Suku Moi Lemas yang merupakan komunitas masyarakat adat yang jauh dari pusat modernisasi dan pendidikan.

"Mereka menggantungkan hidup dari hasil alam seperti sagu, sayur, dan hewan buruan," jelas dia.

Dia menilai bahwa kondisi itu berdampak pada minimnya opsi kegiatan, peningkatan kapasitas, dan akses informasi.

"Salah satu kelompok yang paling dirugikan adalah perempuan adat Suku Moi Lemas," kata Ferdy.

Melihat kondisi tersebut, Kilang Kasim mengembangkan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) yang fokus pada pemberdayaan perempuan adat Suku Moi Lemas bertajuk Mama Bagarak (Mama-mama Bergerak).

"Program ini memberikan ruang kepada perempuan adat Suku Moi Lemas untuk berorganisasi, berketrampilan, lebih percaya diri, dan mandiri secara ekonomi untuk menopang kehidupan mereka," ungkap Ferdy.

Sebagai wadah pemberdayaan, dibentuk Kelompok Kalifiti beranggotakan 47 mama-mama Suku Moi untuk mengolah minyak kelapa.

Hasilnya, kondisi kehidupan masyarakat Moi berubah lebih baik dari sisi ekonomi, sosial dan lingkungan.

"Di antaranya penurunan emisi sebesar 2,1 ton CO2 per tahun, peningkatan pendapatan serta peningkatan keterlibatan mama-mama di lingkungan sosial," kata Ferdy.

Atas konsistensi pemberdayaan tersebut, Kilang Kasim meraih Nusantara CSR Awards kategori Kesetaraan Gender, yang diberikan La Tofi.

"Kami apresiasi setinggi-tingginya kepada Pertamina Group karena mendaftarkan program paling banyak di Nusantara Awards tahun ini, bukti Pertamina sungguh-sungguh dengan kegiatan CSR," tuturnya.

Ferdy juga menyambut baik penghargaan dan perusahaan berkomitmen akan terus bergerak melalui program-program yang telah direncanakan termasuk CSR.

"Komitmen kami tetap sama untuk terus berkontribusi memajukan masyarakat Indonesia timur, khususnya masyarakat sekitar Kilang Kasim," imbuhnya.

Nusantara CSR Awards merupakan ajang penghargaan yang digelar La Tofi School of Social Responsibility dan ditujukan bagi perusahaan yang dianggap mempunyai komitmen dan kontribusi bagi masyarakat dan lingkungan, demi mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih baik.

Penyerahan penghargaan yang diinisiasi La Tofi sebagai pendiri La Tofi Schol Reponsibility itu digelar di Jakarta, Rabu (17/7/2024).

Baca juga: Kilang Kasim-BBKSDA kerja sama wujudkan pelestarian alam
Baca juga: BPH Migas sebut Kilang Kasim Papua berperan jaga pasokan BBM
Baca juga: Kilang Kasim terapkan standar internasional manajemen keselamatan

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024