Kupang (ANTARA) - Polsek Tasifeto Barat yang berada di bawah naungan Polres Belu, Polda NTT yang berbatasan dengan Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) berhasil meraih penghargaan dalam ajang Kompolnas Awards tahun 2024 sebagai Polsek Tipe B terbaik se-Indonesia.

"Meraih nominasi terbaik Polsek Tipe B se-Indonesia ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi jajaran Polda NTT," kata Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol. Ariasandy di Kupang, Kamis.

Dia mengatakan bahwa prestasi ini tidak datang begitu saja, melainkan merupakan hasil dari serangkaian inovasi dan terobosan yang memberikan manfaat langsung kepada masyarakat sekitar.

Mantan Kapolres Timor Tengah Selatan (TTS) itu mengatakan bahwa prestasi yang diperoleh itu tentunya merupakan sebuah kebanggaan yang menunjukkan dedikasi tinggi dalam melayani masyarakat.

Penghargaan bergengsi tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Kompolnas, Marsekal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto kepada Kapolsek Tasifeto Barat, Ipda Sam Ihim.

Kompolnas Awards 2024 merupakan ajang tahunan ketiga yang diselenggarakan untuk memberikan apresiasi kepada Satuan Kerja (Satker) dan Satuan Wilayah (Satwil) di Polri yang berhasil menunjukkan peningkatan kinerja, pelayanan publik, dan inovasi.

Salah satu inovasi utama yang membuat Polsek Tasifeto Barat menonjol adalah pendirian Pasar UMKM Halilulik. Selain itu, Polsek ini juga aktif dalam memajukan ketahanan pangan dengan melibatkan kelompok tani veteran dalam budi daya tomat.

Program ini tidak hanya memastikan ketersediaan pangan lokal yang cukup tetapi juga memberikan pelatihan dan pendampingan kepada petani lokal untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan mereka.

Tidak hanya itu, Polsek Tasifeto Barat juga telah berperan penting dalam penyediaan air bersih dan listrik kepada masyarakat setempat. Inisiatif ini sangat signifikan dalam meningkatkan kualitas hidup penduduk, sekaligus mengurangi potensi ketegangan sosial akibat kebutuhan dasar yang belum terpenuhi.

"Keberhasilan Polsek Tasifeto Barat dalam mengimplementasikan berbagai inovasi ini tidak hanya diakui secara lokal, tetapi juga mendapatkan apresiasi dari Komisioner Kompolnas. Mereka menyoroti dampak positif dari inovasi-inovasi tersebut dalam mendukung perekonomian masyarakat serta menekan angka kriminalitas di wilayah tersebut," jelas Kombes Pol. Ariasandy.

Dihubungi terpisah Kapolsek Tasifeto Barat, Ipda Sam Ihim, menyampaikan rasa bangganya atas penghargaan ini.

"Ini berkat kerja keras dan kerja sama antara anggota saya, forkopimcam, para tokoh, dan masyarakat serta dukungan dari Bapak Kapolres Belu sehingga kami dapat terpilih sebagai pemenang. Ini menjadi motivasi kami dalam pelaksanaan tugas-tugas ke depan dalam melayani masyarakat," ucapnya.

Keberhasilan Polsek Tasifeto Barat memberikan inspirasi bagi seluruh unit kepolisian di Indonesia untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi nyata bagi kesejahteraan masyarakat. Prestasi ini juga menjadi bukti komitmen Polsek Tasifeto Barat dalam menjaga keamanan serta meningkatkan kualitas hidup warga di perbatasan negara.

Untuk diketahui, dalam penilaiannya, Kompolnas Awards 2024 dibagi dalam empat kriteria, antara lain Satker Mabes, serta Polda, Polres, dan Polsek yang masing-masing dibagi dalam kategori A dan B. Pembagian A dan B ini didasarkan pada proporsi jumlah personel Polri di wilayah, jumlah penduduk, dan alokasi anggaran.

Baca juga: Polres Belu bantu penerangan warga pedalaman NTT via lampu solar cell

Baca juga: Polisi di Belu bantu pembangunan sumur bor di daerah pelosok

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024